Peristiwa Nasional Bersama Tamu Allah 2016

Kemenag Pastikan Semua Jemaah Haji Berangkat

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 10:34 | 18.29k
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Abdul Djamil (kanan) (Foto: kemenag)
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Abdul Djamil (kanan) (Foto: kemenag)
FOKUS

Bersama Tamu Allah 2016

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama berusaha meredam keresahan jemaah haji tahun ini dengan memberikan jaminan jika seluruh jemaah yang berhak dan memenuhi syarat akan diberangkatkan ke tanah suci.

"Jadi tidak perlu khawatir, khusus jemaah haji yang keberangkatannya tertunda tidak perlu risau, karena pemerintah tetap akan memberangkatkan mereka, kalau tidak pada kloter semula, maka akan diberangkatkan pada kloter-kloter berikutnya," tegas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Abdul Djamil.

Ia pun menegaskan jika visa jemaah haji gelombang pertama telah tuntas 100 persen. Jika ada bangku kosong dalam penerbangan itu bukan semata-mata terkait masalah visa, namun karena faktor nonteknis lain sehingga jemaah tertunda keberangkatannya.

"Ada juga karena sakit sehingga ditunda keberangkatannya, atau wafat. Ada juga jemaah yang belum vaksin atau alasan lainnya," tegasnya.

Ia menyatakan jika prosedur pengurusan visa tahun ini dilakukan dalam dua tahap dan sesuai urutan kloter demi mencegah persoalan seperti tahun sebelumya.

Soal isu di daerah soal jemaah haji yang visanya belum selesai, ia mengungkapkan jika mereka adalah jemaah yang harusnya berangkat pada gelombang kedua mulai 23 Agustus mendatang, tapi meminta berangkat di gelombang satu, padahal secara jadwal visa mereka masih dalam proses penerbitan.

"Ini saya minta, teman-teman di daerah supaya tetap disiplin untuk mempertahankan kloter, agar supaya tidak terjadi kekacauan di dalam susunan kloter," imbaunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES