Peristiwa Nasional

Menag Jamin Kuota Haji Indonesia Pasti Ditambah

Selasa, 14 Februari 2017 - 13:03 | 20.55k
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: kemenag)
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjamin kepastian tambahan kuota jemaah Indonesia untuk ibadah haji 2017. Peresmian tambahan 10 ribu orang dari kuota normal sebanyak 211.000 itu diklaimnya hanya masalah waktu saja.

Menurut Menag, Kementerian Agama RI sudah melayangkan permohonan tertulis kepada Pemerintah Arab Saudi terkait kepastian tambahan kuota itu. Namun, Menag menuturkan jika Menteri Urusan Haji Saudi sedang cuti.

"Jadi surat itu belum kami terima, tapi tambahan itu sudah eksplisit hanya persoalan waktu mengurus surat saja," ucapnya.

Menag menegaskan jika untuk tambahan kuota 10 ribu jemaah itu, pemerintah Indonesia minta dimasukan ke dalam taklimatul hajj atau nota kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji antara Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi.

Namun pemerintah Arab Saudi menyebut hal ini tidak lazim, karena MoU tersebut sama untuk semua negara. "Kita minta kepastian, dan pihak pemerintah Arab Saudi merespon keinginan ini. Kita minta surat tersebut ada sebelum pembahasan BPIH," sambungnya.

Menag juga menambahkan jika yang tercantum dalam MoU bersama pemerintah Arab Saudi diwakili oleh Menteri Haji Kerajaan Arab Saudi,pada tanggal 4 Januari 2017 lalu adalah kembalinya kuota normal yaitu 211.000 jemaah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES