Peristiwa Nasional Ekspedisi Gubernur

Alex Noerdin Ungkap Tips Sukses Pimpin Sumsel pada Tim Ekspedisi Gubernur

Selasa, 25 September 2018 - 09:10 | 56.52k
Alex Noerdin bersama Ketua Tim Ekspedisi APPSI. (FOTO: Rizki Dwi Putra/TIMES Indonesia)
Alex Noerdin bersama Ketua Tim Ekspedisi APPSI. (FOTO: Rizki Dwi Putra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2018 Alex Noerdin mengungkapkan tips sukses selama 10 tahun memimpin Sumsel. Hal itu disampaikan Alex saat menerima Tim Ekspedisi Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Rumah Dinas Gubernur pada Senin (24/9/2018) malam.

Alex menyebut Pemprov Sumsel selama masa kepemimpinannya berhasil melakukan perbaikan secara komprehensif karena selalu mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Benar menyeluruh karena kami (Pemrov Sumsel) berhasil memenuhi segala aspek acuan pembangunan daerah dari Bappenas," ujar Alex.

Kemudian Alex juga menyebut kunci keberhasilannya memimpin Sumsel karena ia berangkat dari bawah sebagai birokrat sehingga menguasai tata kelola pemerintahan dengan baik.

"Merangkak dari bawah, dari pangkat paling rendah ke pangkat paling tinggi, saya mulai dari staf, kepala seksi, kepala bidang, Kepala Bappeda, selain itu sejak dari bawah selalu blusukan keliling, oleh karena itu paham apa yang dibutuhkan rakyat dan kita tahu prioritas pembangunan," jelas mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Prioritas pembangunan Alex Noerdin selama memimpin Sumsel meliputi 3 aspek yakni pendidikan, kesehatan dan lapangan kerja.

"3 proritas itu bermuara pada peningkatan kualitas SDM, kita buka akses pendidikan selebar-lebarnya gratis dari jenjang SD sampai SMA. Lalu akses kesehatan berobat gratis untuk semua orang kita buka bahkan sebelum ada BPJS. Dan terakhir kita buka investasi sebesar-besarnya untuk membuka lapangan kerja,"  tutur Alex Noerdin.

Dan di antara strategi Alex Noerdin dalam membuka investasi dan mengundang investor adalah dengan memilih sektor olahraga agar Sumsel dikenal oleh dunia.

"Orang mau investasi kalau kondisi suatu daerah kondusif dan memadai, kita pilih sektor olahraga untuk buktikan itu. Kita mulai dari PON, berlanjut SEA Games, lalu Islamic Solidarity Game, lanjut berbagai event olahraga dunia dan puncaknya kemarin Asian Games," jelas Alex.

Bahkan Alex menyebut pada tahun 2020, di Jakabaring Sport City akan diselenggarakan Moto GP untuk pertama kalinya di Indonesia. Menurut Alex berbagai event olahraga kelas dunia itu dapat mengundang investasi tanpa perlu melakukan roadshow kepada para investor.

Dan dari event olahraga tersebut Alex menyampaikan pembangunan Sumsel dapat diakselerasi. Di antaranya dengan dibangunnya LRT pertama di Indonesia. Selain itu sektor pariwisata dan perekonomian terus bergeliat seiring semakin banyaknya orang datang ke Sumsel.

"Kita tidak mungkin bangun fasilitas hebat itu dengan duit sendiri, APBD kita berapa?, jadi kita gunakan modal negara, swasta dan pihak ketiga, bermodalkan kepercayaan bahwa Sumsel layak kita bangun infrastruktur yang memadai," pungkas Alex.

Di akhir pertemuan dengan Tim Ekspedisi Gubernur dari APPSI, Alex menyampaikan terima kasihnya kepada APPSI dan Ketua APPSI Soekarwo yang telah membantunya saling bersinergi antar provinsi sehingga dapat menopang pembangunan di Sumsel. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES