Peristiwa Nasional

Jokowi: Pengembangan Kualitas dan Kuantitas SDM Jadi Prioritas Pemerintah ke Depan

Jumat, 16 Agustus 2019 - 15:21 | 54.23k
Presiden Jokowi berbicara dalam HUT ke-74 RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi berbicara dalam HUT ke-74 RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi kembali menyatakan pengembangan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) akan menjadi prioritas pemerintah mendatang.

Pasalnya, dia menyebut momentum puncak bonus demografi akan dinikmati Indonesia pada 2020-2024.

"Jika kita lebih fokus mengembangkan kualitas SDM dan menggunakan cara-cara baru, maka saya yakin bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan," ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan HUT ke-74 RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Kata dia, kunci peningkatan kualitas SDM terletak pada penguasaan keterampilan dan ilmu pengetahuan yang tanggap atas perubahan dunia.

"Keterampilan vokasional yang akan dibutuhkan pasar the emerging skills harus sudah dilatih sejak pendidikan menengah," tegas Kepala Negara.

Untuk tingkat pendidikan tinggi, Jokowi meminta Indonesia harus berani mencanangkan target tinggi, yakni SDM lulusan pendidikan tinggi harus kompetitif di tingkat regional dan global.

Guna mencapai hal tersebut, Jokowi menekankan SDM harus kolaboratif dan berjiwa wirausaha. Tak hanya itu, SDM Indonesia harus kompetitif menguasai pekerjaan-pekerjaan baru.

Yang paling penting, lanjut Presiden Jokowi, pendidikan harus berakar pada budaya bangsa dengan memperjuangkan kepentingan nasional. Terkait dengan ini, keluarga dan lembaga pendidikan menempati peran sentral dalam pengembangan SDM bangsa.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES