Peristiwa Nasional

Profil Irfan Setiaputra, Lulusan ITB yang Jadi Dirut Garuda

Rabu, 22 Januari 2020 - 13:27 | 175.80k
Irfan Setiaputra, Dirut Garuda Indonesia yang baru (FOTO: swa)
Irfan Setiaputra, Dirut Garuda Indonesia yang baru (FOTO: swa)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIrfan Setiaputra ditunjuk sebagai Dirut Garuda yang baru. Pria lulusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1989 itu dipilih untuk memimpin maskapai pelat merah, menggantikan Ari Askhara. Irfan tercatat sebagai anggota Majelis Wali Amanat ITB.

Disarikan dari berbagai sumber, Irfan Setiaputra lahir di Jakarta, 24 Oktober 1964. Usai lulus kuliah, Irfan berkarir di sejumlah perusahaan bidang teknologi informatika, di antaranya IBM, LinkNet, dan Cisco. 

Selama berkarir, Irfan pernah meraih prestasi dan penghargaan. Ia meraih penghargaan IBM STAR of the STARS Award, IBM Professional Achievement Award, dan Best CEO versi majalah SWA. 

Irfan juga pernah berkarir di BUMN, tepatnya di PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT Inti) sebagai direktur utama  pada Maret 2019. Saat menjabat Dirut PT Inti, Sofyan Djali menjadi Menteri BUMN.

Pada Juli 2012, Irfan Setiaputra mengundurkan diri sebagai Menteri BUMN dengan alasan gaji yang kecil. Saat itu, Dahlan Iskan yang menjadi Menteri BUMN.

Selepas dari PT INTI, Irfan melanjutkan karir di  PT Titan Mining Indonesia, hingga Juni 2014. Kemudian, Irfan menjadi CEO PT Cipta Kridatama pada Juli 2014 hingga Mei 2017.

Karir Irfan tidak berhenti di situ. Ia pernah menjadi COO ABM Investama Tbk PT selama setahun, dari Mei 2015 hingga Mei 2016. Tahun berikutnya, Irfan menjadi President Director & CEO Reswara Minergi Hartama pada Mei 2017 hingga Desember 2017.

Sebelum ditunjuk sebagai Dirut Garuda yang baru, Irfan Setiaputra adalah CEO Sigfox Indonesia, pengelola jaringan Internet of Things (IoT).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES