Peristiwa Nasional

Wakil Ketua DPR RI Sambut Baik Wacana Pemekaran Provinsi di Papua, Ini Alasannya

Jumat, 09 April 2021 - 14:23 | 21.41k
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. (FOTO: Dok. DPR RI).
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. (FOTO: Dok. DPR RI).

TIMESINDONESIA, JAKARTAWakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyambut baik wacana pemerintah untuk melakukan pemekaran provinsi di Papua yang bertujuan guna terciptanya pemerataan dan percepatan pembangunan. Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri RI) Tito Karnavian mengusulkan pemekaran wilayah di Papua dapat dilakukan oleh Pemerintah Pusat. 

Dengan usulan itu, maka pemekaran wilayah di Papua tidak hanya harus dengan persetujuan Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP). Ketentuan itu diatur dalam Pasal 76 UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua.

"Saya menyambut baik wacana pemekaran di Papua sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Papua dapat dinikmati secara keseluruhan," ucap Azis dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Namun demikian, Azis menekankan agar wacana pemekaran tersebut dilakukan secara komprehensif dan memenuhi persyaratan yang telah diatur serta ditentukan mengenai tata cara pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah otonom.

Legislator asal Partai Golkar ini mengatakan, pertimbangan usulan pemekaran provinsi di Papua dapat dilihat dari sisi aspek geopolitik dan geostrategis.

"Desentralisasi dapat mewujudkan kesejahteraan, mengurangi kemiskinan dan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus administrasi," ujarnya.

Menurut Azis, perekonomian jangan hanya terpusat di wilayah tertentu, tapi harus menyentuh hingga pegunungan Papua dan wilayah lain.

"Jangan ada lagi warga Papua yang harus menempuh perjalanan berhari-hari hanya untuk mengurus berkas administrasi karena jarak yang cukup jauh." tandas Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin soal pemekaran provinsi di Papua. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES