Peristiwa Nasional

Selamat Ulang Tahun Mohammad Hatta, Bapak Koperasi Indonesia

Kamis, 12 Agustus 2021 - 20:48 | 188.43k
Bung Hatta, Bapak Koperasi Indonesia (Foto: Wikipedia)
Bung Hatta, Bapak Koperasi Indonesia (Foto: Wikipedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tepat pada 12 Agustus 1902 telah lahir sosok pahlawan nasional yang mempunyai peran penting dalam proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Mohammad Hatta.

Lelaki yang akrab di sapa Bung Hatta ini, lahir di Fort de Kock, Hindia Belanda sebelum Indonesia merdeka atau sekarang berubah nama menjadi Kota Bukittinggi, Sumatra Barat.

Selama hidupnya, Bung Hatta terkenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Julukan itu ia dapatkan atas sumbangsih dan pemikirannya dalam dunia ekonomi di Indonesia yang mampu menumbuh kembangkan Koperasi pada waktu itu.

Selain itu, lelaki yang mempunyai nama asli Mohammad Athar ini, mempunyai peran penting dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Puncaknya, bersama kompatriotnya Ir. Soekarno berhasil memproklamirkan kemerdekaan NKRI. Merebut kekuasaan dan mengusir kemerdekaan dari tangan penjajah.

Hingga pada akhirnya, Bung Hatta terpilih menjadi Wakil Presiden RI untuk pertama kali mendampingi Ir. Soekarno yang menjadi Presiden RI yang pertama.

Tak hanya itu, Bung Hatta juga mempunyai segudang prestasi dan mempunyai peran penting dalam pemerintahan NKRI pada waktu itu. Bung Hatta juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Dalam kabinet Hatta I,  Hatta II dan RIS. Setelah mengundurkan diri dari Wakil Presiden RI pada tahun 1965

Kemudian, Bung Hatta meninggal pada tanggal 14 Maret 1980 lalu, ia meninggal di usia ke 77. Jenazahnya dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta.

Atas prestasi dan perjuangannya selama hidup Pemerintah Indonesia menetapkan Bung Hatta sebagai salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 23 Oktober 1986 melalui Keppres nomor 081/TK/1986.

Nama Mohammad Hatta bersanding dengan Soekarno sebagai Dwi-Tunggal dan disematkan pada Bandar Udara Soekarno-Hatta. Di Belanda, namanya diabadikan sebagai nama jalan di kawasan perumahan Zuiderpolder, Haarlem. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES