Peristiwa Nasional Muktamar NU 2021

Jelang Muktamar ke-34 NU Lampung, Ini Pemimpin Ideal NU Versi Gus Miftah

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 13:17 | 36.61k
Gus Miftah saat mengisi diskusi terkait pemimpin ideal NU di Kampus Unisma. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Gus Miftah saat mengisi diskusi terkait pemimpin ideal NU di Kampus Unisma. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
FOKUS

Muktamar NU 2021

TIMESINDONESIA, MALANG – Menjelang Muktamar ke-34 NU Lampung akhir Desember 2021 mendatang, pendakwah kondang Gus Miftah memandang pemimpin ideal NU sebagai ormas terbesar di Indonesia harus memiliki pandangan visioner ke depan.

"Hari ini banyak ruang publik yang sebenarnya itu milik Nahdlatul Ulama, milik aslussunnah wal jamaah nahdliyah itu direbut oleh orang-orang non NU. Saya pikir pemimpin ideal NU ke depan harus mampu menyelamatkan ruang-ruang publik ini," kata Gus Miftah saat berkunjung ke Kampus Unisma di Kota Malang, Sabtu (16/10/2021).

Gus Miftah memberikan contoh, yakni banyaknya masjid dan musholla milik NU yang direbut dan diberikan plakat oleh kelompok non-NU.

"Padahal itu sebenarnya aset-aset NU. Belum lagi di ruang-ruang publik yang lebih luas seperti medsos dan lain sebagainya. Pemimpin NU harus punya visi ke depan terkait persoalan ini," ungkapnya.

Ia meminta dan mengusulkan adanya pembahasan terkait persoalan-persoalan yang berisi tantangan NU ke depan. Pembahasan tersebut dapat dikaji saat Muktamar mendatang. Salah satunya yakni terkait ruang publik dakwah di medsos yang disebut Gus Miftah harus dikuasi orang-orang NU.

Terkait pemimpin ideal NU, Gus Miftah enggan menyebutkan nama. Pria yang kerapkali menggunakan kacamata gelap ini sepakat bahwa pemimpin NU adalah orang yang dicalonkan, bukan mencalonkan.

"Dan saya mencalonkan diri berarti saya memang tidak layak memimpin PBNU," kata Gus Miftah.

Seperti diketahui, PBNU tahun ini memiliki hajat besar. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah memutuskan bahwa Muktamar ke-34 NU akan dilaksanakan pada tanggal 23-25 Desember 2021 mendatang.

Keputusan ini disampaikan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj disela-sela acara Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU 2021 di Jakarta, Sabtu (25/09/2021).

Kehadiran Gus Miftah ke Unisma ini juga dalam rangka diskusi Webinar bersama para tokoh terkait pemimpin ideal NU menjelang Muktamar ke-34 NU Lampung pada akhir tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES