Peristiwa Nasional

KH Wahid Hasyim, Ulama yang Mewariskan Gus Dur untuk Indonesia

Rabu, 20 April 2022 - 14:25 | 187.36k
KH Wahid Hasyim Pahlawan Nasional dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur (FOTO : wikipedia)
KH Wahid Hasyim Pahlawan Nasional dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur (FOTO : wikipedia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Tepat pada tanggal 19 April 2022, genap 69 tahun yang lalu KH Wahid Hasyim, ayahanda KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggal dunia dalam usia 39 tahun. Meski usianya singkat, beliau memiliki banyak kiprah untuk agama, negara, dan bangsa.

Lahir pada tanggal 1 Juni 1914 silam KH Wahid Hasyim juga termasuk dalam salah satu Pahlawan Nasional yang berasal dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kiprahnya dan pengabdiannya untuk bangsa dan negara Indonesia tak perlu dipertanyakan lagi. Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Negara dan Menteri agama pada orde lama dan merupakan menteri termuda saat itu.

Peran KH Wahid Hasyim Prakemerdekaan Indonesia

Gelar Pahlawan Nasional yang disandang KH Wahid Hasyim merupakan suatu hal yang lumrah mengingat jerih payahnya untuk kemerdekaan Indonesia. Di usia 23 tahun KH Wahid Hasyim sudah menjadi anggota dari BPUPKI dan PPKI pada saat pra kemerdekaan Indonesia.

Berkat wawasannya dan segudang pemikirannya tentang agama dan Keindonesiaan, beliau merupakan sosok yang tak bisa digantikan oleh siapapun saat itu.

Selain itu, ia juga merupakan penggagas sila pertama yang berbunyi 'Ketuhanan Yang Maha Esa' yang sebelumnya berbunyi 'Kewajiban Menjalankan Syariat Islam bagi Pemeluknya'.

Usulan sila pertama itu menuai kontroversi sehingga memicu perbedaan pendapat dari non muslim. Bahwa kemerdekaan Indonesia bukan berkat perjuangan umat Islam saja pada waktu itu.

KH Wahid Hasyim yang terkenal sebagai tokoh yang moderat, substantif, dan inklusif mengusulkan agar sila pertama pada Pancasila diubah menjadi 'Ketuhanan Yang Maha Esa' yang kemudian disepakati hingga sekarang menjadi dasar negara Indonesia.

Sedikit Informasi, KH Wahid Hasyim merupakan putra dari Hadratusyech KH Hasyim Asyari yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Tebuireng dan pendiri organinasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU).

KH Wahid Hasyim juga mencetak generasi yang berlian. Terbukti anak pertamanya Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pernah menjadi Presiden RI yang ke 4, Aisyah Hamid Baidlowi dan Lily Chadijah Wahid merupakan mantan anggota DPR, Salahuddin Wahid pada masanya pernah menjadi Wakil Ketua Komnas HAM, Umar Wahid seorang dokter dan adiknya, Hasyim Wahid juga turut masuk ke dalam dunia politik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES