Peristiwa Nasional

Sosiolog: Kasus Ferdy Sambo Lebih Penting, Jangan Larut Aksi Hacker Bjorka

Kamis, 15 September 2022 - 15:57 | 22.77k
Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi. Ia kini jadi tersangka pembunuhan Brigadir J. (FOTO: Antara)
Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi. Ia kini jadi tersangka pembunuhan Brigadir J. (FOTO: Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHacker Bjorka jadi perbincangan hangat belakangan ini. Dampaknya, kasus besar seperti pembunuhan Brigadir J oleh Ferdy Sambo jadi teralihkan dari fokus masyarakat. 

"Aksi Bjorka tentu membuat lalu lintas perbincangan publik menjadi riuh, dari ruang Istana, ruang universitas, hingga ruang warung kopi," kata sosiolog Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Syaifuddin, kepada TIMES Indonesia, Kamis (15/9/2022).

"Bjorka berhasil memecah ombak berbagai isu kejahatan yang sedang terjadi di negara ini, salah satunya kasus pembunuhan Brigadir J oleh Sambo," katanya lagi.

Untuk itu lanjut dia, masyarakat sambil melihat tontonan aksi hacker Bjoarka dan respons negara atas aksinya, harus tetap menjaga daya nalar kritis dalam mengawal proses penyelidikan kasus Ferdy Sambo.

Menurutnya, jangan masyarakat sampai larut dalam perkembangan aksi hacker Bjorka yang kemudian luput untuk mengawasi perkembangan kasus Ferdy Sambo yang terjadi.

Kasus-Ferdy-Sambo-b.jpgSosiolog Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Syaifuddin. (FOTO: dok pribadi)

"Sehingga kasus Sambo bisa diputuskan secara adil atas apa yang dilakukan dan termasuk para oknum pelaku lain yang terlibat juga bisa mendapatkan hukuman yang sesuai dengan perbuatannya," ujarnya.

Hacker Bjorka memang menarik fokus masyarakat. Itu karena, hacker tersebut membuat gerah masyarakat. Presiden Jokowi (Joko Widodo) pun kemarin meminta agar jajarannya serius pada hal tersebut. Itu agar, data-data yang diacak oleh Hacker Bjorka tak terus terjadi.

Kemarin, Menteri koodinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan, gambaran mengenai Hacker Bjorka sudah diidentifikasi oleh Badan Intelejen Negara atau BIN dan Polri.

“Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan,” ujarnya dalam keterangan.

Kata dia, BIN dan Polri akan terus memburu Hacker Bjorka. Menurutnya, BIN dan Polri sudah memiliki kekuatan untuk melakukan pengerjaan tersebut. “Gambaran siapa dan di mana itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” katanya.

Terbaru dari perkembangan, Hacker Bjorka tersebut, ada salah satu pemuda asal Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, berinisial MAH (21) diamankan Tim Cyber Mabes Polri. Informasinya, pemuda tersebut sudah dibawa ke Mapolsek Dagangan.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo juga membenarkan hal tersebut. Namun kata dia, pihaknya belum memastikan yang diamankan adalah sosok dibalik Hacker Bjorka.

Ia menyampaikan, pemuda asal Madiun tersebut kini di proses oleh tim khusus (Timsus). Diketahui, timsus itu adalah gabungan dari Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN), BIN dan Polri.

"Yang di Jawa Timur yang saat ini sedang didalami oleh Timsus. Satu orang saja yang masih didalami," katanya dalam keterangan resminya kepada awak media.

Ia pun meminta masyarakat untuk menahan dan tak ambil tindakan. Saat ini kata diaz Timsus sedang bekerja. Nantinya informasi terang akan disampaikan.

"Belum disimpulkan (yang ditangkap adalah Hacker Bjorka) seperti itu. Karena masih didalami Timsus (Tim Khusus). Saya tidak berkompeten menjelasakan sebelum Timsus nanti telah selesai bekerja," ujarnya.

Selain itu, untuk kabar kebenaran orang dibalik Hacker Bjorka di Kabupaten Cirebon adalah tak benar. Pasalnya, orang yang disebut pemilik akun Hacker Bjorka tersebut membantah hal tersebut.

Nama lengkapnya adalah M Said Fikriansyah. Usianya baru 17 tahu. Ia pemuda asal Desa Klayan, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon.

Saat diwawancarai oleh media, ia pun seakan bingung saat dirinya didatangi dan ditanyakan soal Hacker Bjorka. "Saya hanyalah video editor biasa. Saya ingin klarifikasi bahwa saya bukanlah Hacker Bjorka seperti apa yang dituduhkan," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES