Peristiwa Nasional

Presiden Jokowi Terima Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton

Selasa, 27 September 2022 - 12:42 | 35.99k
Presiden Jokowi menghadiri penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dalam acara yang diselenggarakan di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. (FOTO: BPMI S
Presiden Jokowi menghadiri penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dalam acara yang diselenggarakan di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. (FOTO: BPMI S

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengawali kegiatan di hari kedua dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (27/09/2022), Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengunjungi Benteng Keraton Kesultanan Buton yang berada di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden Jokowi dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dalam acara yang diselenggarakan di Baruga Keraton Kesultanan Buton.

Setibanya di lokasi, sekitar pukul 06.55 WITA, Presiden RI Jokowi menunaikan shalat Dhuha di Masjid Agung Kesultanan Buton. Selanjutnya, Presiden ke-7 RI itu menuju Baruga Keraton Kesultanan Buton untuk mengikuti prosesi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton.

Mengenakan baju adat Kesultanan Buton yang didominasi warna hitam, Presiden Jokowi terlebih dahulu mendengarkan penjelasan tentang penganugerahan gelar kehormatan adat Kesultanan Buton yang dibacakan oleh La Ode Muhamad Arsal.

Presiden-Jokowi-4.jpgPresiden Jokowi saat dianugerahi gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton. (FOTO: BPMI Setpres)

La Ode Muhamad Arsal mengatakan bahwa pada hari ini, Selasa, 27 September 2022 Masehi bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1444 Hijriah, kepada Presiden Jokowi dianugerahkan Gelar Kehormatan Adat dan Budaya Kesultanan Buton, La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara.

"Dengan dianugerahkannya gelar tersebut, maka Bapak La Ode Muhammad JokoWidodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara dinobatkan secara resmi menjadi kerabat dan sesepuh dalam daerah eks-Kesultanan Buton," ujar Laode  Muhamad Arsal, dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

"Gelar tersebut bermakna seorang laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku yang mulia, rendah hati, sopan santun, arif dan bijaksana, jujur dan adil, bertanggungjawab, memberi teladan dan panutan, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat di Nusantara (Indonesia)," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, La Ode Muhamad Arsal selaku perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton menitip pesan dan harapan kepada Presiden Jokowi.

"Agar Bapak La Ode Joko Widodo senantiasa tetap menjaga marwah bekas Kesultanan Buton selama berdomisili di Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di mana pun berada," ujarnya.

Setelah mendapat gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton, Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa untuk gelar Kesultanan Buton yang diterimanya.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Yang Mulia Sultan Buton Bapak La Ode Muhammad Izat Manarfa beserta seluruh jajaran lembaga adat Kesultanan Buton yang telah memberikan anugerah gelar kepada saya yaitu La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara," tutur Presiden Jokowi, .

Presiden-Jokowi-5.jpgPresiden Jokowi menyampaikan sambutannya. (FOTO: BPMI Setpres)

Setelah mengikuti proses penganugerahan gelar tersebut, Presiden Jokowi menyapa warga yang telah menantinya dan juga membagikan kaus dan terdengar warga memanggil Presiden dengan sebutan barunya.

“La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara” ujar salah seorang warga memanggil Presiden, Presiden pun tersenyum ketika dipanggil dengan gelar barunya tersebut.

Dari Keraton Kesultanan Buton, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kantor Pos Baubau, Kota Baubau, untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES