Peristiwa Nasional G20 Indonesia

[BERITA FOTO] KTT G20 Indonesia Sajikan Pesona Budaya Nusantara Tampil di GWK Bali

Selasa, 15 November 2022 - 21:33 | 52.13k
Suasana Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ini dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
Suasana Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ini dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Presiden RI Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menjamu makan malam para pemimpin G20 dan organisasi internasional. Acara bertajuk “ Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia” ini digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ini dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022).

Jamuan makan malam ini menampilkan berbagai atraksi dan penampilan budaya. Presiden RI Jokowi dan Ibu Negara yang terlihat mengenakan pakaian adat Bali, saat tiba di lokasi acara sekitar pukul 19.00 WITA.

Presiden-Jokowi-dan-Ibu-Iriana.jpgPresiden RI Jokowi dan Ibu Negara saat tiba dalam Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Para tamu yang datang secara bergantian, langsung disambut Presiden RI Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi, yang diiringi sesi foto berlatar Patung Garuda Wisnu Kencana.

“Para pemimpin negara-negara G20, undangan, organisasi internasional, hadirin sekalian, terima kasih atas kehadirannya di Garuda Wisnu Kencana,” kata Presiden RI memulai jamuan santap malam.

Presiden-RI-dan-Thomas-Bach.jpgPresiden RI Jokowi dan Ibu Negara menyambut Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach saat Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Presiden RI juga menjelaskan bahwa area jamuan makan malam ini ini di bawah Patung Garuda Wisnu Kencana. Patung Garuda Wisnu Kencana melambangkan cinta, tanggung jawab, keberanian, dan pengabdian.

Presiden-Rwanda.jpgPresiden Paul Kagame saat tiba dalam Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

“Dalam mitologi Bali, patung ini menggambarkan cinta, tanggung jawab, keberanian, dan pengabdian. Ini adalah tugas kita terhadap dunia dan kemanusiaan,” ucap Presiden Jokowi.

G20-Indonesia.jpgPerdana Menteri Jepang Fumio Kishida hadir bersama istri, Yuko Kishida saat tiba dalam Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Mengakhiri sambutannya, Presiden Jokowi mempersilakan para tamu undangan untuk menyantap hidangan yang telah disiapkan.

G20-Indonesia-a.jpgDirektur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus saat tiba dalam Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)  

“Silakan menikmati hidangan yang telah kami siapkan untuk Anda. Saya harap tidak terlalu pedas untuk Yang Mulia,” pungkas Presiden.

G20-Indonesia-b.jpgPM Kanada Justin Trudeau saat tiba dalam Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)  

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dirancang Nyoman Nuarta sejak 1980-an. Dibutuhkan waktu yang cukup lama sampai akhirnya ide GWK diterima masyarakat.

G20-Indonesia-c.jpgPerdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez (kanan) dan istri Maria Begona Gomez Fernandez saat tiba dalam Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Proyek ini baru bisa dimulai pada 1997. Pada 22 September 2018, taman budaya seluas 60 hektar itu diresmikan Presiden Joko Widodo.

XI-Jin-PIng.jpgPresiden China Xi Jinping dan ibu negara Peng Liyuan saat tiba dalam Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Patung berbahan logam tembaga, baja, dan kuningan itu menggambarkan Dewa Hindu Wisnu yang berada di atas tunggangannya, burung Garuda.

G20-Indonesia-d.jpgPresiden RI Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi saat berfoto bersama Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dalam acara Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Pada bagian bahu Dewa Wisnu, terdapat hiasan yang terbuat dari ribuan potongan kaca mosaik emas.
Hiasan yang disebut 'badong' itu juga direkatkan pada bagian mahkota dan dada patung itu.

Pesona-Budaya-Nusantara-a.jpgSuasana Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Dari dalam patung GWK, pengunjung dimanjakan dengan berbagai pengalaman berbeda, mulai dari lantai dasar patung hingga di puncak lantai 23. GWK akan memberikan kesan memorable bagi siapapun yang datang.

SBY.jpgPresiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia yang digelar di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dan dihadiri undangan KTT G20 Indonesia, Selasa (15/11/2022). (Foto-foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)  

Turut hadir dalam jamuan makan malam ini Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES