Peristiwa Nasional Muktamar 48 Muhammadiyah

Dikenal Humoris, Inilah Profil Abdul Mu'ti Sekum Muhammadiyah 2022-2027

Minggu, 20 November 2022 - 16:33 | 50.05k
Abdul Mu'ti ditetapkan kembali sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027. (FOTO: Moh. Ramli/TIMES Indonesia) 
Abdul Mu'ti ditetapkan kembali sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027. (FOTO: Moh. Ramli/TIMES Indonesia) 
FOKUS

Muktamar 48 Muhammadiyah

TIMESINDONESIA, SURAKARTAAbdul Mu’ti terpilih kembali menjadi Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Surakarta. 

"Memutuskan Sekretaris Umum Abdul Mu'ti," ucap Ketua Panitia Pemilihan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Dahlan Rais di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Minggu (20/11/2022).

Dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Abdul Mu'ti memperoleh suara terbanyak kedua yaitu sebesar 2.159 dan mengalahkan sebelas nama pimpinan Muhammadiyah lainnya dalam sistem e-voting tersebut.

Sama seperti Muktamar sebelumnya, pada Muktamar ke-48 Muhammadiyah ini, Pria kelahiran Kudus, Jawa Tengah ditetapkan kembali sebagai Sekretaris Umum mendampingi Haedar Nashir yang ditetapkan sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027.

Dilansir dari situs resmi Muhammadiyah, Abdul Mu'ti selalu menduduki jabatan Sekretaris selama berada di Muhammadiyah mulai dari Sekretaris Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah tahun 2005-2010, kemudian Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah tahun 2010-2015 dan terakhir sebelum Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Abdul Mu'ti menjabat sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Pria kelahiran 2 September 1968 ini menghabiskan pendidikan SD hingga SMA di kota kelahirannya Kudus, mulai dari MI Manafiul Ulum Kudus, MTs Negeri Kudus dan MA Negeri Kudus. Sementara untuk pendidikan tingginya, Abdul Mu'ti meraih gelar Sarjana dari fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, kemudian menyelesaikan S2 di Flinders University South Australia dan mendapat gelar doktor dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Tangerang Selatan Banten.

Haedar-Nashir-6.jpgKetua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (FOTO: Moh. Ramli/TIMES Indonesia) 

Untuk riwayat pekerjaan sendiri, Abdul Mu'ti banyak dan terus berkecimpung di dunia pendidikan mulai menjadi Dosen di IAIN Walisongo Semarang pada tahun 1993-2013, Dosen UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 2014- sekarang, Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah pada tahun 2011-2017 dan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan pada tahun 2019-2021.

Abdul Mu'ti yang aktif menulis buku dan opini diberbagai media juga terbilang aktif diluar organisasi Muhammadiyah, dirinya didaulat sebagai Advisor The British Council pada tahun 2006-2008. Tidak hanya itu, Abdul Mu'ti yang merupakan sosok cendikiawan islam Indonesia ini pernah menjadi Penasehat Islam Indonesia-Inggris pada tahun 2007-2009 dan juga Executive Committee Asian Conference of Religion and Peace (ACRP) pada tahun 2010-2015.

Selain itu, Abdul Mu'ti juga merupakan tokoh Muhammadiyah yang terkenal sering membawa humor yang spontanitas diberbagai pengajian Muhammadiyah. Bahkan pada September lalu, Abdul Mu'ti menerbitkan buku 'Guyon Maton: Lucu Bermutu Ala Muhammadiyin'. Buku yang diterbitkannya ini merupakan buku yang berisikan 54 cerita-cerita lucu yang pernah disampaikan oleh Abdul Mu’ti di berbagai kesempatan ceramah ilmiah, pengajian dan media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES