Peristiwa Nasional

Kilas Balik 2022, Peristiwa Top dari Januari hingga Desember

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:42 | 404.77k
Jemaah berdoa di depan Kabah. Setelah tertunda 2 tahun akibat pandemi, Arab Saudi kembali membuka pelaksanaan ibadah haji di tahun 2022. (foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)
Jemaah berdoa di depan Kabah. Setelah tertunda 2 tahun akibat pandemi, Arab Saudi kembali membuka pelaksanaan ibadah haji di tahun 2022. (foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahun 2022 menyisakan hitungan hari. Kilas Balik 2022 menampilkan banyak kejadian penting dan luar biasa selama kurun waktu Januari hingga Desember 2022, mulai melandainya Covid-19, pembukaan ibadah haji, kasus Sambo atau polisi tembak polisi hingga tragedi Stadion Kanjuruhan yang membuat 135 jiwa melayang. 

Kilas Balik atau Kaleidoskop 2022 akan menyajikan rangkuman berita atau peristiwa yang terjadi di Indonesia.

1. Kilas Balik Indonesia Januari 2022

Timnas Indonesia Gagal Juara Piala AFF

AFF-2020.jpgSejumlah pesepak bola dan tim pelatih Timnas Indonesia berfoto bersama usai pengalungan medali Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). Indonesia menduduki juara kedua usai seri melawan Timnas Thailand dengan skor 2-2 atau kalah agregat 2-6. (Foto: ANTARA FOTO/Flona Hakim/app/hp)

Pelaksanaan Piala AFF 2020 ditunda karena Covid-19 dan digelar pada akhir 2021. Penundaan ini menjadi bagian peristiwa kilas balik 2022. Turnamen ini digelar di Singapura dengan Laga final berlangsung dalam dua pertandingan, 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Di partai final, Timnas Indonesia kalah dari Thailand. Di laga pertama, Indonesia keol 4-0 dan pertandingan berikutnya berakhir imbang 2-2.

2. Kilas Balik Indonesia Februari 2022 

Gempa Pasaman Barat

Gempa-Pasaman-Barat.jpgFoto udara masjid yang runtuh akibat gempa di Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022). (Foto: Detikcom)

Gempa berkekuatan magnitudo 6.1 berlangsung kuat selama 3-5 detik di Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Lima Puluh Kota Agam, Padang Pariaman, dan Pariaman. Peristiwa yang menimbulkan kerusakan parah ini terjadi pada 25 Februari 2022.

3. Kilas Balik Indonesia Maret 2022 

MotoGP Mandalika dan Fenonema Rara sang Pawang Hujan

Sirkuit-Mandalika-c.jpgSirkuit Mandalika, Lombok Barat diwarnai hujan deras membuat race ditunda, Rara, seorang pawang hujan yang dikerahkan panitia untuk menghentikan hujan(Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

Indonesia menuliskan sejarah dengan kembali menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok, 20 Maret 2022. Namun yang menarik dari acara ini adalah kehadiran Rara, seorang pawang hujan yang dikerahkan panitia untuk menghentikan hujan.

4. Kilas Balik Indonesia April 2022

Demo Serentak Menolak Penundaan Pemilu 2024

Demo-menolak-penundaan-Pemilu.jpgMassa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran di depan kompleks parlemen DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/4). (Foto: CNNIndonesia/Adi Ibrahim)

Mahasiswa di sejumlah daerah di Indonesia secara serentak menggelar aksi demonstrasi menolak penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden pada 11 April 2022. Demo dimulai dari DKI Jakarta; Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Palembang, Samarinda, Palu, Makassar, Maluku; dan Manokwari, Papua Barat.

5. Kilas Balik Indonesia Mei 2022

Eril Hilang di Sungai Swiss

Eril-Hilang-di-Sungai-Swiss.jpgGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau pencarian anak sulungnya di Sungai Aare Kota Bern, Swiss. (Sumber Foto: Kemenlu RI)

Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss bersama adiknya Camillia Laetitia Azzahra dan temannya pada 25 Mei 2022. Jazad Eril ditemukan 9 Juni 2022 di Bendungan Engehalde di Bern.

6. Kilas Balik Indonesia Juni 2022

Jemaah Haji Indonesia Berangkat ke Tanah Suci Setelah Ditunda 2 Tahun

Jemaah-Haji-di-Mina.jpgJemaah Haji Indonesia (Foto: Ainun/TIMES Indonesia)

Tahun 2022 menjadi berkah bagi umat Islam. Arab Saudi kembali membuka pelaksanaan ibadah haji pasca pandemi Covid-19. Kloter pertama jamaah haji Indonesia 2022 diberangkatkan pada 4 Juni 2022 dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Banten.

7. Kilas Balik Indonesia Juli 2022

Kasus Sambo

Sambo.jpgTersangka Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). (Foto: KOMPAS/KRISTIANTO PURNOMO)

Polisi Tembak Polisi terjadi pada 8 Juli. Publik dikagetkan dengan kasus pembunuhan Brigadir Yosua oleh Ferdi Sambo Cs. Peristiwa kejahatan ini menjadi bagian peristiwa kilas balik 2022 yang banyak menjadi sorotan masyarakat Indonesia,

8. Kilas Balik Indonesia Agustus 2022

Mantan Menteri Ditahan

Roy-Suryo.jpgPetugas mengawal mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo (tengah) saat menuju rutan usai menjalani pemeriksaan di Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/8/2022). (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Roy Suryo resmi ditahan oleh Polda Metro Jaya pada Jumat, 5 Agustus 2022. Roy Roy Suryo pada akhirnya dihukum 1,5 tahun penjara dan Denda Rp 300 Juta dalam kasus penistaan agama. 

9. Kilas Balik Indonesia September 2022

Harga BBM Naik

SPBU.jpgFoto: Dokumen TIMES Indonesia

Presiden Joko Widodo pada 3 September mengumumkan kenaikan harga BBM jenis pertalite dan solar. Kebijakanini menjadi bagian peristiwa kilas balik 2022, yang berdampak pada inflasi sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat.

10. Kilas Balik Indonesia Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan Malang

TGIPF-Tragedi-Kanjuruhan-c.jpgDua mobil polisi jadi sasaran Aremania pasca kekalahan tim Singo Edan atas lawannya Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

Kericuhan terjadi usai pertandingan Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang, pada 1 Oktober. Polisi menembakkan gas air mata ke arah penonton yang masuk stadion dan tribun. Akibatnya, ribuan orang berdesak-desakan mencoba keluar stadion. Tercatat 135 orang tewas dalam kejadian ini dan lebih dari 700 orang terluka.

11. Kilas Balik Indonesia  November 2022

Indonesia Tuan Rumah G20

Lokasi-Utama-G20.jpgSuasana lokasi utama pelaksanaan KTT G20 Indonesia. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dilaksanakan pada 15-16 November 2022 di Bali. Pelaksanaan G20 mendapat pujian dan dianggap unik dengan prosesi pembukaan yang tidak formal layaknya konferensi tingkat tinggi dunia.

12. Kilas Balik Indonesia Desember 2022

Royal Wedding Indonesia, Kaesang Menikah

Kaesang-Menikah.jpgMahar Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, ada emas batangan hingga uang rupiah. (Tangkapan Layar/Youtube Presiden Joko Widodo)

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menikahi Erina Gudono. Akad nikah berlangsung 10 desmeber di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

Itulah beberapa peristiwa penting dan menyita perhatian publuk yang dirangkum TIMES Indonesia dalam Kilas Balik 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES