Peristiwa Nasional

Selamat Ulang Tahun Megawati Soekarnoputri

Senin, 23 Januari 2023 - 12:33 | 27.92k
Megawati Soekarnoputri. (FOTO: Antara)
Megawati Soekarnoputri. (FOTO: Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari Senin (23/1/2023) ini adalah hari spesial bagi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Itu karena ia berulang tahun yang ke-76.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, seluruh kader partai banteng mendoakan agar Megawati diberikan karunia umar panjang, kesehatan, dan kebahagiaan.

Advertisement

"Kami semua mendoakan agar Ibu Mega mendapatkan karunia umur panjang, kesehatan, kebahagiaan, dan terus memimpin perjuangan kepartaian agar PDI Perjuangan betul-betul semakin berbakti, semakin mampu mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa, khususnya Bung Karno," katanya dalam keterangan resminya.

Sekilas Megawati Soekarnoputri

Nama lengkapnya adalah Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri. Ia lahir 23 Januari 1947. Ia adalah Presiden Indonesia yang kelima. Menjabat sejak 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004.

Megawati juga presiden wanita Indonesia pertama, dan putri Presiden Indonesia pertama yakni Soekarno. Pada 20 September 2004, ia kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Pemilu Presiden 2004 putaran yang kedua.

Ia menjadi presiden setelah MPR mengadakan Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001. Sidang ini diadakan dalam menanggapi langkah Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang membekukan lembaga MPR/DPR dan Partai Golkar. 

Lalu Megawati dilantik ada 23 Juli 2001. Sebelumnya dari tahun 1999-2001, ia menjabat Wakil Presiden pada pemerintahan Gus Dur.

Dengan demikian, Megawati menjadi presiden keenam yang mayoritas negara berpenduduk muslim. Pada 9 Agustus 2001, ia mengumumkan Kabinet Gotong Royong. 

Kehidupan Pribadi Megawati Soekarnoputri

Suami pertama Megawati Soekarnoputri adalah Letnan Satu Surindro Sipjarso, yang dinikahinya 1 Juni 1968. Namun ia meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat di Biak, Irian Barat pada 22 Januari 1970.

Pada 27 Juni 1972, Megawati Soekarnoputri menikah dengan Hassan Gamal Ahmad Hassan. Ia seorang diplomat Mesir. Pernikahan itu dibatalkan oleh Pengadilan Agama kurang dari 3 bulan kemudian.

Lalu, pada 25 Maret 1973 ia menikah lagi dengan Taufiq Kiemas. Ia meninggal pada 8 Juni 2013 lalu. Megawati dikaruniai Mohammad Rizki Pratama, Muhammad Prananda Prabowo, dan Puan Maharani.

Anak laki-lakinya berasal dari pernikahannya dengan Surindro, sedangkan Puan Maharani adalah anak tunggal dari pernikahannya dengan Taufiq Kiemas. Selamat ulang tahun Megawati Soekarnoputri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES