Peristiwa Nasional Info Haji 2023

Petugas Haji 2023 akan Ada Pembekalan Khusus Pelayanan Jemaah Lansia

Jumat, 10 Februari 2023 - 09:22 | 59.89k
Hilman Latief, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI. (Foto: kemenag.go.id)
Hilman Latief, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI. (Foto: kemenag.go.id)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jumlah jemaah calon haji (JCH) Indonesia di tahun 2023 yang berusia lanjut atau lansia, sekutar 62 ribu orang. Kementerian Agama RI memiliki atensi khusus terlait tingginya jemaah berusia lanjut tersebut. Salah satunya, meminta kepada seluruh petugas yang akan melayani, untuk selalu bersikap ramah kepada mereka.

Hal itu ditegaskan Diektur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief. Dia mewajibkan seluruh petugas haji untuk bersikap ramah dengan jemaah, utamanya mereka yang lanjut usia  atau lansia.

Penekanan Hilman tersebut kepada seluruh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), baik PPIH Kloter, PPIH Non Kloter, maupun Petugas Haji Daerah (PHD). Pesan itu disampaikan saat Hilman memberikan sambutan pada Sinkronisasi dan Rapat Teknis Admin Seleksi Calon Petugas Haji Daerah di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Menurut Hilman, pihaknya tengah menyiapkan standarisasi pelayanan khusus jemaah lansia. Hilman juga mengaku sudah bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia).

"Kami juga tengah menyusun sistem standarisasi pelayanan khusus jemaah lansia ini. Bagaimana petugas haji bisa mempunyai sikap ramah lansia, kita akan adakan pelatihan, bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia)," ungkapnya.

Menurutnya, bisa dipastikan petugas yang nanti terpilih akan bisa mengetahui karakteristik lansia, termasuk jika mengalami gejala penyakit awal. 

Pada musim haji tahun 1444 H/2023 M ini, lanjut Hilman, ada sekitar 62 ribu jemaah haji lansia yang harus difasilitasi dan dilayani dari aspek ibadah maupun layanan lainnya. Mereka harus difasilitasi dan dilayani dengan baik, aspek ibadahnya maupun layanan lainnya.

Hilman menegaskan, kepada para petugas haji nantinya akan diberikan wawasan khusus dalam menangani jemaah lansia ini. “Petugas itu nanti akan diberikan wawasan khusus penanganan jemaah lansia, karena tahún ini Kemenag punya program Haji Ramah Lansia,” terangnya.

Petugas haji, lanjutnya, harus mempunyai semangat, antusiasme, tenaga, energik serta bisa berbicara dengan orang tua dengan menggunakan bahasa yang baik, dan memuliakan mereka.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Direktur Bina Haji Arsad Hidayat serta Kepala Sub Direktorat Bina Petugas Muhammad Khanif, 34 Kepala Biro Kesra Sektetaris Daerah, para Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES