Peristiwa Nasional Info Haji 2023

Rencana Keberangkatan dan Kepulangan Jemaah di Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati Dimatangkan

Senin, 13 Februari 2023 - 11:49 | 70.99k
Kementerian Agama dan beberapa pihak terkait mengecek kesiapan pelayanan di Bandara Kertajati dan Asrama Haji Indramayu. (Foto: Kemenag RI)
Kementerian Agama dan beberapa pihak terkait mengecek kesiapan pelayanan di Bandara Kertajati dan Asrama Haji Indramayu. (Foto: Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Kemenag RI mempersiapkan kunjungan General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi ke Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati yang direncanakan pada 15 Februari 2023 mendatang. Kedatangan itu untuk melihat persispan penyelenggaraan haji tahun ini, di mana Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati akan digunakan untuk keberangkatan dan kepulangan jemaah haji 2023. 

Selain itu, koordinasi Kementerian Agama bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Otoritas Bandara, Angkasa Pura serta Perwakilan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati juga untuk simulasi layanan keberangkatan dan kepulangan jemaah haji yang akan mempergunakan Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji. Koordinasi digelar Sabtu (11/2/2023).

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab mengatakan, simulasi ini dalam rangka persiapan penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1444 H/2023 M, khususnya penyiapan Bandara Kertajati sebagai Embarkasi Haji.

Kemenag-2.jpgKemenag RI menggelar rapat koordinasi persiapan Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati untuk jemaah haji 2023. (Foto: Kemenag RI)

Dia berharap agar rapat persiapan tersebut benar-benar menjadi evaluasi guna kelancaran pemberangkatan jemaah. Termasuk memastikan posisi proses custom, immigration, and quarantine (CIQ), agar tidak menyulitkan selama proses pemberangkatan jemaah haji.

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Pemerintahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Barnas Adjidin  menyampaikan apresiasinya terkait percepatan dan kesiapan penyelenggaraan haji yang akan dilaksanakan di Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati. Dia meminta seluruh instansi terkait untuk mempersiapkan segala layanan serta sarana dan prasarananya.

Dalam hal pelayanan di embarkasi, lanjutnya, harus juga dipersiapkan secara struktural dan mengecek semua sarana.

Kemenag-3.jpg

Pelayanan dan kesiapan pemberangkatan jemaah haji ini juga menjadi perhatian khusus dari Kakanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam. Menurutnya, sesuai rencana akan ada lebih dari 7.900 jamaah yang diberangkatkan dari Asrama Haji Indramayu. Mereka berasal dari Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Subang,  Sumedang, Kuningan.

Dia meminta semua persiapan pemberangkatan ini harus benar-benar matang. Termasuk hal kecil seperti gelang identitas yang harus sama dengan paspor serta lahan parkir di Asrama Haji Indramayu.

Rapat koordibasi diakhiri dengan peninjauan langsung kesiapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Seluruh pihak terkait langsung melakukan simulasi sederhana untuk melihat rute dan fasilitas kesiapan bandara terkait keberangkatan dan kepulangan jemaah haji 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES