Peristiwa Nasional

Indonesia Kirimkan Bantuan 140 Ton Bahan Makanan untuk Korban Gempa Turki

Selasa, 21 Februari 2023 - 14:23 | 54.84k
Presiden Jokowi dan para menteri kabinet dan pejabat saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (21/2/2023). (Foto: Setkab/Reza Dani)
Presiden Jokowi dan para menteri kabinet dan pejabat saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (21/2/2023). (Foto: Setkab/Reza Dani)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusian untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah. 

Bantuan berupa 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya ini diserahkan secara langsung oleh Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Selesa (21/02/2023).

"Dipelomasi kemanusiaan terus-menerus dilakukan oleh negara kita indonesia dan pada pagi hari ini, kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang sangat di perlukan di sana," katanya.

Sebelum ini, Indonesia telah mengirim tim SAR dan tim medis, membangun rumah sakit lapangan, serta Pesawat Hercules untuk membantu evakuasi awal korban-korban bencana gempa di Turki dan Suriah.

"Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana," harap Presiden Jokowi.

Empat WNI Jadi Korban

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, ada sejumlah WNI yang tewas akibat gempa Turki dan Suriah tersebut.

"Sampai detik ini, empat WNI meninggal dunia akibat gempa. Suda yang ditemukan meninggal dunia sudah dikebumikan di Turki dan dua tambahan lagi akan dikebumikan di Indonesia atas permintaan keluarga," katanya.

Ia menyebut, dua jenazah itu akan dibawa ke Indonesia menggunakan Garuda Indrayana sebelumnya dikirimkan untuk membawa bantuan logistik untuk para korban di sana. Selain itu, pesawat juga akan membawa 85 WNI yang terdampak korban gempa itu.

Ia juga mengatakan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Kemanusiaan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB akan berangkat ke Turki hari ini.

"Beliau akan melakukan pertemuan dan assessment apa yang dapat disampaikan, yang dapat dibantu lagi ke pemerintah setempat," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES