Peristiwa Nasional

Jokowi: Pemerintah Akan Bangun 8 Lapangan Sepakbola di IKN

Jumat, 24 Februari 2023 - 12:06 | 70.84k
Presiden Jokowi saat di IKN. (FOTO: Setkab RI)
Presiden Jokowi saat di IKN. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengatakan akan bangun pusat latihan atau training center di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendukung pesebakbola Indonesia.

Nantinya, kata Kepala Negara, akan ada 8 lapangan sepakbola di sana. "Lapangan sepakbolanya diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun," katanya saat meninjau IKN, di Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2023).

Suami Iriana itu menyampaikan, pembangunan lapangan sepakbola itu akan dibiayai oleh Federasi Sepakbola Internasional atau FIFA.

Hal itu, kata dia, bukti kepercayaan internasional pada pembangunan IKN. "Ini akan dibiayai oleh FIFA menunjukkan bahwa kepercayaan internasional, kepercayaan FIFA terhadap IKN ini ada," ujarnya.

Mendengar hal itu, Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi hal itu. Ia pun mendukung pembangunan yang diberikan kepercayaan oleh pihak internasional tersebut.

"Sebuah kehormatan yang luar biasa, bapak sudah memutuskan pembangunan training center di tengah kota," kata Erick Thohir. "Ini merupakan sesuatu yang kami pastikan akan selesai segera pak," ujarnya lagi.

Adapun rencana lokasi pusat latihan tersebut akan dibangun di sub wilayah perencanaan (SWP) 1B IKN yang diperuntukkan untuk area pendidikan dan pemerintahan.

Diberikan sebelumnya, Jokowi bermalam di IKN. Lokasi Kepala Negara bermalam dengan sejumlah menteri itu merupakan sebuah lokasi yang direncakan sebagai tempat menginap para investor dan calon penghuni yang ingin melihat IKN.

"Sebetulnya ini untuk menampung interest dari para calon penghuni mau pun calon investor untuk ber experience di dalam IKN," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Ia mengatakan, konsep yang diusung dalam pembangunan lokasi yang menyediakan sejumlah 17 unit kamar berbentuk kabin itu merupakan konsep ekowisata untuk memberikan pengalaman merasakan IKN sebagai kota di tengah hutan.

"Juga ke depannya nanti akan menjadi salah satu pusat magnet dari pertumbuhan ekonomi Indonesia," jelasnya.

Dalam mengembangkan hal itu, ia mengatakan, akan menata kembali dan menyesuaikan dengan perkembangan dari setiap infrastruktur yang dibangun.

"Tapi tentu kita akan ciptakan lagi spot seperti ini, ecotourism akan menjadi salah satu dari ruh dari kota ini ke depan," jelasnya.

Ia menjelaskan, dengan mengembangkan kawasan wisata, nantinya IKN tak hanya jadi kota pemerintah saja, melainkan akan jadi kota bisnis dan edukasi yang serasi dengan alam. "Ada keserasian antara alama kemudian manusia dan juga kultur, people, nature, and culture istilahnya," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES