Peristiwa Nasional

Elektabilitas Partai Golkar di Jatim Cenderung Terus Naik, Inilah Alasannya

Selasa, 28 Februari 2023 - 07:45 | 116.08k
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sarmudji saat menyerahkan bendera Partai Golkar kepada Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mang, Siadi SH. (FOTO: widodo irianto/TIMES Indonesia)
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sarmudji saat menyerahkan bendera Partai Golkar kepada Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mang, Siadi SH. (FOTO: widodo irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Meski hasil survei elektabilitas partai politik oleh Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Partai Golkar di Jatim menyodok di urutan ke tiga, namun kader-kader Golkar tidak boleh cepat puas.

"Perjalanan masih panjang. Para kader tidak boleh cepat puas, apalagi jumawa. Justru yang penting tidak boleh terlena," kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang, Siadi SH saat dimintai pendapat tentang hasil survei naiknya elektabilitas Partai  Golkar di Jatim itu.

"Menurut saya naiknya elektabilitas Partai Golkar di Jatim justru ini adalah pemecut untuk lebih semangat dalam mendekatkan diri, merebut hati rakyat. Karena Golkar ini partai yang berplatform, berprinsip karya kekaryaan," ujar Siadi.

Timur.jpg" alt="DPD-Partai-Golkar-Jawa-Timur.jpg" border="0"> DPD-Partai-Golkar-Jawa-Timur-b.jpgPendidikan politik, sarasehan dan lainnya adalah bagian dari sepak terjang DPD Partai Golkar Kabupaten Malang dalam upayanya meraih kemenangan.(FOTO: widodo irianto/TIMES Indonesia)

Partai Golkar di Jatim berhasil bertengger di urutan ke tiga menyalip Gerindra dari hasil survei elektabilitas partai politik oleh Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Meski demikian, Siadi mengingatkan dengan hasil survei itu jangan lantas kader-kader Golkar cepat puas. Justru yang paling utama adalah, jangan terlena. Perjalanan masih panjang.

"Perjuangan harus tetap menggelora utamanya bagaimana memenangkan hati masyarakat Kabupaten Malang dalam pemilu mendatang," kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang, Siadi SH.

Hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menjelang pemilihan legislatif di Jawa Timur disebutkan, Partai Golkar di Jatim kali ini telah menyalip Partai Gerindra dari nomer 4 menjadi nomer 3.

Dalam paparan ARCI, PDI Perjuangan (PDIP) berada di peringkat pertama dengan elektabilitas 16,7 persen.

"Dari temuan survei kami di bawah, elektabilitas PDIP menjadi yang tertinggi di Jatim. Tiga bulan lalu masih diduduki PKB, kini PDIP," kata Direktur ARCI, Baihaki Siraijt di Surabaya, Jumat (24/2/2023) lalu.

Elektabilitas PKB kini sebesar 15,4 persen. Baihaki mengatakan selain naiknya PDIP, partai lain yang cenderung naik ialah Partai Golkar.

Tiga bulan lalu, Partai Golkar masih berada di peringkat keempat, tetapi kini berada di tiga besar dengan elektabilitas 12,9 persen, menyalip Gerindra yang memiliki elektabilitas 12,3 persen.

Siadi menilai hasil itu tidak lepas dari perjuangan yang luar biasa dari Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sarmudji.

"Beliau adalah sosok Ketua DPD Golkar Jawa Timur yang tak pernah berhenti dan gak pernah santai dalam mendorong kader-kader Golkar untuk terus bekerja dan bekerja membangun kerekatan Partai Golkar dengan masyarakat," ujar Siadi.

Sarmudji, kata dia, juga tidak pernah marah ketika ketika ada kesalahan, justru memberi dorongan kepada para kader untuk terus memperbaiki.

"Inilah kemudian yang membuat kami diuwongne, sehingga dalam melangkah menjadi ringan," tutur Siadi lagi.

Siadi mengakui Sarmudji adalah sosok Ketua DPD Partai Golkar Jatim yang fokus dalam membangun partai. Dikatakan juga, Sarmudji juga sosok yang diterima di semua kelompok mulai dari agama sampai kepemudaan.

"Pak Sarmudji memimpin dengan falsafah Jawa, sehingga kami merasa senang. Itu pula yang mendorong kami terus memperbaiki dan memperbaiki," katanya.

Seiring dengan kekuatan pimpinan yang seperti itu pula, menurut Siadi, di daerah tak terkecuali DPD Partai Golkar Kabupaten Malang tentu saja konsolidasi yang dilakukan juga tanpa henti.

Ia mencontohkan konsolidasi struktural Partai Golkar misalnya, di Kabupaten Malang telah lengkap mulai tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa.

"Tentu saja konsolidasi itu bukan karena saya saja, atau tingkat kecamatan saja, namun ini kemauan kami semua. Kami sama, satu pemikiran," katanya.

Bagaimana ke depan?

Dengan semangat Siadi menegaskan bahwa dengan hasil konsolidasi yang sudah lengkap seperti itu tentu saja dalam melangkah adalah target terbaik. "Kursi jelas harus bertambah," katanya.

Sebelumnya berbagai upaya telah dilakukan para pengurus DPD Partai Golkar kabupaten Malang untuk mengejar kemenangan Pemilu 2024 nanti.

Di antaranya juga memaksimalkan pendidikan politik di tingkat bawah.

"Tahun politik sudah semakin dekat, maka sudah sepantasnya mulai sekarang terus bergerak dengan melakukan penguatan pendidikan politik di bawah. Dengan cara itu, saya optimis target kemenangan pemilu 2024 akan tercapai," katanya.

Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Timur ini juga mengatakan untuk pemilu 2024 mendatang,  penambahan suara dan jumlah kursi sudah merupakan target partainya untuk tampil dalam memenangkan pemilu mendatang.

"Tentu dengan terus melakukan pendidikan politik di bawah, sekaligus bergerak untuk mensosialisasikan visi dan misi Partai Golkar untuk mensejahterakan rakyat jika memenangi Pemilu 2024," kata Siadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES