Peristiwa Nasional

Gelar Doktor Kehormatan, UB Sebut Erick Thohir Figur Transformasi Indonesia

Jumat, 03 Maret 2023 - 14:02 | 45.68k
Prosesi penganugerahan gelar Doktor Kehormataan HC dari Universitas Brawijaya Malang kepada Erick Thohir. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Prosesi penganugerahan gelar Doktor Kehormataan HC dari Universitas Brawijaya Malang kepada Erick Thohir. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) Malang menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa (HC) bidang Manajemen Strategis kepada Menteri BUMN Erick Thohir di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Jumat (3/3/2023).

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB Dr Abdul Ghofar mengatakan proses penganugerahan gelar Doktor Kehormatan ini telah melalui tahapan akademik yang ketat dan berjenjang selama 1,5 tahun. 

Ghofar menungkapkan bahwa gelar ini diberikan, karena Erick memiliki pemikiran yang out of the box dan melintasi berbagai disiplin ilmu.

Doktor-Erick-Thohir-2.jpg

"Pak Erick bagi kami adalah figur perubahan transformasi yang terus bergerak dalam berbagai keadaan meskipun sulit sekali pun," ujar Ghofar, Jumat (3/3/2023).

Ghofar berharap, orasi ilmiah yang disampaikan Erick bisa menjadi bahan akademik untuk riset kampus. Ia menilai UB akan selalu terkoneksi dengan sumber di dalam dan luar kampus. 

Doktor-Erick-Thohir-3.jpg

"Ini menjadi bekal bagi kami atas ilmu yang diberikan oleh Pak Erick dalam orasi ilmiahnya," katanya.

Di sisi lain, Ketua Pelaksana Kegiatan Universitas Brawijaya Hendi Subandi mengapresiasi kontribusi Erick pada bidang manajemen strategi melalui implementasi strategi transformasi bisnis di BUMN.

"Erick Thohir secara aktivitas akademik telah membuktikan dedikasinya dengan aktif berkontribusi dalam penyemaian ilmu pengetahuan melalui forum-forum akademik di dalam dan luar negeri," tuturnya.

Hendi menganggap, kepemimpinan Erick dalam mendorong BUMN membantu negara dan masyarakat saat pandemi Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional yang menjadi faktor penting. 

Erick, kata Hendi, juga memiliki keberpihakan terhadap sektor pendidikan dengan menjadikan pendidikan sebagai satu dari tiga fokus utama program Tanggung Jawab  Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN. 

Hal ini terlihat dalam peningkatan bantuan untuk pembangunan sarana dan prasarana, beasiswa dan tenaga pendidik. 

"Keberpihakan pada perempuan dan generasi muda juga terbukti lewat komposisi manajemen di BUMN," imbuh Hendi.

Doktor-Erick-Thohir-4.jpg

Sementara, Erick Thohir menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari UB. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI tersebut menilai pencapaian positif BUMN, baik dari sisi kinerja maupun dampak sosial kepada masyarakat merupakan kerja keras seluruh tim dari Kementerian BUMN dan para insan BUMN.

Bahkan, menurut Erick kolaborasi menjadi kata kunci. Ia mengaku bahwa BUMN pun tidak bisa menjadi menara gading tanpa melibatkan dukungan swasta, UMKM dan juga masyarakat.

"Penghargaan saya setinggi-tingginya kepada Universitas Brawijaya, terkhusus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, atas kemuliaan dan kehormatan yang dianugerahkan kepada saya hari ini," ungkapnya.

Doktor-Erick-Thohir-6.jpg

Erick menganggap gelar ini bukan tanggung jawab yang ringan, namun ia meyakini hal ini akan menjadi cerita baik yang berharga untuk generasi muda Indonesia di masa yang akan datang.

"Seperti ajaran Ibu saya. Laksanakan dengan sebaik-baiknya, jangan mengeluh, terimalah segala kesulitan sebagai anugerah. Itu yang saya terus bawa kemana pun saya melangkah," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES