Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Minta Warga Sekitar Depo Pertamina Plumpang Dipindahkan 

Minggu, 05 Maret 2023 - 11:00 | 45.55k
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Setkab RI)
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Minggu, (5/3/2023).

Kepala Negara meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk segera mengaudit dan mengevaluasi kebakaran ini karena menyangkut nyawa.

Presiden RI Jokowi memerintahkan Erick Thohir dan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi untuk mencari solusi. Itu karena wilayah Plumpang tersebut masuk zona bahaya yang tak bisa ditinggali oleh masyarakat.

"Segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang terutama karena emang zona yang bahaya tidak bisa lagi ditinggali tetapi harus ada solusinya," katanya Minggu (5/3/2023).

Suami Iriana itu menyebut, salah satu solusinya bisa menggeser Plumpang ke reklamasi atau penduduknya yang direlokasi. Semua itu, kata dia, bisa diputuskan oleh Pertamina dan Pemprov DKI Jakarta.

"Saya kira nanti akan diputuskan oleh oleh Pertamina dan Gubernur (DKI Jakarta)," tambahnya.

Ia pun memerintahkan untuk mengaudit dan mengevaluasi kejadian ini terutama di zona-zona bahaya.

"Tapi semuanya memang harus zona-zona berbahaya ini tidak hanya di sini saja, harus diaudit, harus dievaluasi semuanya karena menyangkut nyawa, saya perintahkan semuanya mengenai itu," ujarnya.

Diberitakan TIMES Indonesia sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023). Kebakaran terjadi pukul 20.11 WIB. 

Korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang meninggal dunia berada di RS Polri, untuk korban luka bakar ada di sejumlah rumah sakit, di antaranya Rumah Sakit Pelabuhan, RSUD Tugu Koja, Rumah Sakit Mulyasari, dan Rumah Sakit Koja. 

Berdasarkan data yang tercatat di Koramil 01 Koja, jumlah korban meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang bertambah menjadi 19 orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES