Peristiwa Nasional Info Haji 2023

Jemaah Haji Aceh Utara Dibekali Manasik Haji Ramah Lansia

Selasa, 23 Mei 2023 - 09:16 | 59.71k
448 jemaah haji asal Aceh Utara mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar Kemenag. (FOTO: Kemenag.go.id)
448 jemaah haji asal Aceh Utara mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar Kemenag. (FOTO: Kemenag.go.id)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 448 Orang Calon Jemaah Haji Indonesia Kabupaten Aceh Utara mendapat pembekalan manasik haji ramah lansia. Manasik haji ini digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) di Masjid Besar Bujang Salim Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Sabtu (20/5/2023).

"Jemaah laki-laki 187 orang, jemaah perempuan 261 orang. Tertua laki-laki berusia 96 tahun ada 3 orang, tertua perempuan usia 95 tahun ada 2 orang , termuda Laki-laki usia 22 tahun dan termuda Perempuan umur 28 tahun," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara H Maiyusri seperti dikutip dari situs haji.kemenag.go.id.

Maiyusri menjelaskan rencana keberangkatan ibadah haji untuk kabupaten Aceh Utara terbagi dalam 3 kelompok terbang, yaitu kloter 3 sebanyak 53 jemaah, kloter 4 sebanyak 4 orang dan kloter 8 sebanyak 383 orang jemaah.

Kepala seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama kabupaten Aceh Utara H Yusri menyampaikan, manasik digelar untuk memberikan materi seputar persiapan jemaah menjalankan ibadah haji kemudian tentang kesehatan saat berada di tanah suci karena jemaah tahun ini didominasi oleh lansia.

"Jelang keberangkatan ke tanah suci jemaah di ingatkan agar mampu memelihara kesehatan dan mencegah risiko kesehatan secara mandiri sehingga dapat menjalankan ibadah haji sesuai syariat Islam , lalu dilanjutkan materi oleh pembimbing ibadah haji tentang tata cara ibadah bagi para lansia," ucap Yusri.

Jemaah lansia memang memiliki kekhususan tersendiri dalam melaksanakan ibadah, diantaranya faktor usia karena keadaannya darurat maka  jemaah yang lansia nanti akan diatur sehingga mereka juga dapat beribadah dengan khusyuk," paparnya

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi jemaah haji dalam melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES