Peristiwa Nasional Info Haji 2023

Bismillah, Mabrur! Menag Lepas Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia 2023

Rabu, 24 Mei 2023 - 05:18 | 80.69k
Menag RI Yaqut Cholil Qoumas mengecek langsung ke pesawat yang menerbangkan jemaah kloter pertama. (Foto: MCH 2023 for TIMES Indonesia)
Menag RI Yaqut Cholil Qoumas mengecek langsung ke pesawat yang menerbangkan jemaah kloter pertama. (Foto: MCH 2023 for TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, JAKARTA –  Ibadah haji 1444 H/2023 M telah memasuki tahap operasional. Itu ditandai dengan pelepasan jemaah haji Indonesia kloter pertama dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Faisal Abdullah Al Amudi.

Pelepasan kloter pertama ibadah haji 2023 ini dilaksanakan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/5/2023) dini hari tadi. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, secara langsung berinteraksi dengan para jemaah sebelum keberangkatan dan mengunjungi fasilitas fast track.

Menag Yaqut berjanji untuk berupaya menyediakan fasilitas fast track di provinsi lainnya untuk memfasilitasi jemaah dengan jumlah signifikan. Hal ini merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan ibadah haji oleh Kementerian Agama.

Selama ibadah haji 2023, jemaah haji Indonesia diimbau menjaga kesehatan mereka. Menteri Agama juga menekankan pentingnya tidak memaksakan diri dalam beraktivitas, terutama dalam beribadah sunnah, jika kondisi kesehatan tidak memadai.

Menag Yaqut mengungkapkan bahwa kondisi Arab Saudi berbeda dengan Indonesia, terutama suhu yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan petugas kesehatan yang siap memberikan layanan kepada jemaah.

Dalam ibadah haji tahun ini, jumlah jemaah lansia meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kementerian Agama berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah, termasuk lansia.

Menteri Agama mengingatkan jemaah untuk membawa barang-barang yang diperlukan selama ibadah haji dan menghindari barang-barang yang tidak relevan dengan ibadah. Menag juga mengingatkan jemaah tentang pentingnya penggunaan media sosial dengan bijak selama di Saudi dan fokus pada ibadah.

Menag berharap, seluruh jemaah haji Indonesia dapat menunaikan ibadah haji dengan baik, mendapat kemudahan dan kelancaran, serta kembali ke Tanah Air dengan selamat.

"Semoga setelah kembali ke tanah air, para jemaah mendapat keberkahan bagi diri, keluarga, dan masyarakat. Jangan lupa, doakan Indonesia agar menjadi negara yang “baldatun thayyibatun wa-Rabbun Ghofuur," tutup Menag Yaqut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang ibadah haji 2023 dan jemaah haji Indonesia, serta berita lainnya, tetap kunjungi website kami. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES