Peristiwa Nasional Hari Santri 2023

Sambut Hari Santri, TV9 Nusantara Siapkan TV AI Santri Pertama di Indonesia

Jumat, 26 Mei 2023 - 16:17 | 108.24k
TV9 Nusantara persiapan ke TV AI Santri.
TV9 Nusantara persiapan ke TV AI Santri.
FOKUS

Hari Santri 2023

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menyambut Hari Santri 22 Oktober 2023 mendatang TV9 Nusantara memperkenalkan TV AI Santri sebagai stasiun televisi pertama berbasis santri di Indonesia yang mengadaptasi teknologi Artificial Intelligence (AI). TV9 pun berkolaborasi bersama AAI (Akademi AI Indonesia) TIMES Indonesia untuk mencetak generasi santri yang siap mengisi Indonesia Emas 2045.

CEO TV9 Nusantara, Hakim Jayli, dalam menyatakan, "Sebagai media TV berbasis religius dan Aswaja, TV9 Nusantara ingin menyiapkan santri yang siap mengisi Indonesia Emas 2045 lewat teknologi. Termasuk AI."

Konsep TV AI Santri ini digagas dengan tujuan melahirkan generasi santri yang menguasai teknologi, seiring dengan perkembangan zaman. Melalui platform ini, para santri tidak hanya akan memperoleh pengetahuan agama yang mendalam, tetapi juga wawasan tentang teknologi terkini, khususnya AI.

TV AI Santri, yang merupakan gabungan antara teknologi AI dan edukasi religius, diharapkan dapat menjadi solusi dalam menjawab tantangan digitalisasi yang ada saat ini. Kehadiran teknologi AI dalam sistem televisi memungkinkan personalisasi konten yang lebih tepat dan interaktif bagi penontonnya.

"Inovasi ini merupakan bagian dari upaya TV9 Nusantara dalam membentuk generasi santri yang holistik, yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga mampu beradaptasi dan berinovasi dengan teknologi masa depan," tambah Hakim Jayli.

Kolaborasi TV9 Nusantara dan AAI Times Indonesia dalam proyek ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam membangun ekosistem digital berbasis AI yang komprehensif. "Ini sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045, yang menekankan pentingnya integrasi antara pendidikan, teknologi, dan kehidupan sehari-hari," tambah Hakim.

Dengan peluncuran TV AI Santri, TV9 Nusantara telah membuka lembaran baru dalam sejarah media massa di Indonesia.Yakni media massa TV yang mengintegrasikan teknologi AI dalam layanan mereka dan mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk era digital yang semakin maju. Selain itu, ini juga menjadi langkah awal dalam realisasi visi Indonesia Emas 2045.

Program TV9 untuk Santri Emas 2045

Ditambahkan Hakim, TV9 Nusantara yang meluncurkan TV AI Santri mencakup serangkaian acara edukasi religius dan teknologi. 
Beberapa program itu antara lain:

1). AI Santri Academy

Sebuah program yang mengajarkan tentang dasar-dasar AI dan bagaimana hal itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Program ini dapat dibagi menjadi beberapa sesi, mulai dari pemahaman umum tentang AI hingga sesi pelatihan praktis.

2). Tekno Aswaja

 Program ini akan membahas tentang peran dan pengaruh teknologi, khususnya AI, dalam pemahaman dan praktik Aswaja.

3). Tafsir Digital

 Program tafsir Al-Quran yang disajikan dengan bantuan teknologi AI. Melalui AI, penonton dapat mengakses tafsir dari berbagai sudut pandang dan berinteraksi langsung dengan program.

4). Santri Koding

 Program edukatif yang mengajarkan bahasa pemrograman kepada para santri. Bahasa pemrograman merupakan salah satu keterampilan penting di era digital ini dan bisa menjadi penunjang dalam memahami AI.

5). Santri Emas Talkshow

 Program talkshow yang mengundang berbagai narasumber ahli dalam bidang agama, teknologi, dan pembangunan bangsa. Topik yang dibahas akan berfokus pada visi Indonesia Emas 2045 dan peran santri dalam mewujudkannya.

6). Aswaja dan AI Film Series:

 Seri film pendek yang menceritakan berbagai cerita tentang bagaimana teknologi AI dapat digunakan dalam konteks kehidupan sehari-hari santri dan masyarakat Aswaja.

Semua program ini dapat disajikan dalam format yang interaktif dan menarik, sehingga mampu menarik minat penonton dari berbagai kalangan. Dengan kombinasi yang tepat antara edukasi dan hiburan, TV9 Nusantara dapat mewujudkan visinya untuk mempersiapkan generasi santri yang siap menghadapi era digital dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

AI, Aswaja, dan NU

Hakim menambahkan, untuk melengkapi program-program yang telah disebutkan, beberapa program dan acara yang berkaitan dengan AI, Aswaja, dan Nahdlatul Ulama (NU) juga telah disiapkan. Di antaranya;

1). Aswaja AI Seminar

 Seminar yang mengundang para ahli dari berbagai bidang, termasuk AI, agama, dan kebijakan publik, untuk berbicara tentang implikasi AI bagi Aswaja dan masyarakat NU.

2). AI Muktamar

Event tahunan yang menyajikan perkembangan terbaru dalam bidang AI dan bagaimana teknologi ini berinteraksi dengan ajaran dan praktek Aswaja.

3). NU Tech Fair

 Pameran teknologi yang memperlihatkan bagaimana teknologi AI dan digital lainnya digunakan dalam konteks kehidupan sehari-hari NU.

4). Tazkiyah AI

 Program yang membahas penggunaan AI dalam pendekatan tazkiyah (penyucian jiwa) dalam Aswaja, menjelajahi cara-cara teknologi ini bisa digunakan untuk mendukung perkembangan spiritual.

5). Kitab Kuning Digital: 

Program yang memanfaatkan AI untuk membantu santri memahami dan mempelajari Kitab Kuning, kitab-kitab klasik dalam literatur Islam yang diajarkan di pesantren NU.

6). AI in NU Schools

 Program khusus yang dirancang untuk mengintegrasi pendidikan AI dalam kurikulum sekolah-sekolah di bawah NU.

7). AI for NU Community Development:

 Program yang menggali bagaimana AI dapat digunakan untuk memajukan pembangunan masyarakat NU, termasuk dalam hal pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Melalui program-program ini, TV9 Nusantara dapat menunjukkan komitmennya untuk menggunakan teknologi AI dalam mendukung pengembangan masyarakat NU dan Aswaja, dan sekaligus memperkaya kontennya dengan pemikiran dan praktek yang mencerminkan kekayaan tradisi ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES