Peristiwa Nasional

Perkuat Ideologi, PPI Dunia Jalin Silaturahmi dengan Lemhannas RI

Jumat, 08 Desember 2023 - 22:00 | 24.30k
PPI Dunia silaturrahmi dengan Lemhannas RI perkuat ideologi pelajar Indonesia di Luar Negeri. (Foto: PPI Dunia)
PPI Dunia silaturrahmi dengan Lemhannas RI perkuat ideologi pelajar Indonesia di Luar Negeri. (Foto: PPI Dunia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perhimpunan Pelajar Indonesia atau dikenal sebagai PPI Dunia melakukan silaturahmi dan audiensi dengan Lemhannas (Lembaga Ketahanan Nasional) RI. Pertemuan itu berlangsung pada Selasa (5/12/2023).  

Kedatangan mereka ke kantor Lemhannas RI, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat tersebut disambut oleh plt. Gubernur Lemhannas RI Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah. Koordinator PPI Dunia periode 2023/2024 Hamzah Assuudy Lubis hadir bersama rombongan.

Kunjungan PPI Dunia ke Lemhannas merupakan wujud perhatian mereka terhadap penguatan kebangsaan dan ideologi Pancasila. Sebagai organisasi perhimpunan mahasiswa dan pelajar Indonesia di luar negeri memandang bahwa pemantapan ideologi kebangsaan sangat penting bagi pelajar Indonesia di luar negeri.

“Kegiatan ini sangat baik dan positif. Dengan kondisi sekarang, para kaum anak muda cenderung mudah terbawa arus, khususnya pelajar Indonesia di luar negeri yang banyak berpotensi tercemar dengan ideologi dari luar," ungkap Maman Firmansyah.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa mengadakan pembekalan melalui Lemhannas RI bagi pelajar dan mahasiswa sebelum berangkat ke luar negeri sangatlah penting. hal tersebut untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan sikap nasionalisme para pelajar.

"Kalau bisa, anak-anak sebelum ke luar negeri, (menjalani pembekalan) seminggu dulu di Lemhannas. Agar jiwa kebanngsaan naik lagi dan terbentengi,” lanjutnya.

Rencana ini sesuai dengan fungsi Lemhannas RI sebagai lembaga yang melaksanakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan. Lembaga Ketahanan Nasional RI ini tentunya menjalankan kegiatan berdasar Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Indonesia, dan sesanti Bhinneka Tunggal Ika dan sistem nasional serta pembudayaan nilai-nilai kebangsaan.

Pembicaraan ini juga terkait dengan rencana pelantikan pengurus PPI Dunia 2023-2024. “Total pengurus 350 orang akan dilantik langsung oleh Presiden atau Wakil Presiden. Rencananya pelantikan ini  akan dilangsungkan di Lemhannas RI” ucap Hamzah.

Lemhannas RI dengan tangan terbuka menyambut rencana pelantikan tersebut. Laksdya Maman berharap bahwa organisasi yang beranggotakan pelajar di seluruh dunia tersebut bisa terus berkarya dan memberikan sumbangsih bagi bangsa.

Dirinya juga berharap pertemuan ini dapat menjadi awal baik bagi kerja sama antara PPI Dunia dan Lemhannas RI pada agenda-agenda berikutnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES