Peristiwa Nasional

BPIP: Megawati ke Vatikan Bagian dari Diplomasi Pancasila

Rabu, 20 Desember 2023 - 10:33 | 17.67k
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan. (Foto: ANTARA/Monang Sinaga/pri)
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan. (Foto: ANTARA/Monang Sinaga/pri)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Aris Heru Utomo, mengungkapkan bahwa kunjungan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri ke Vatikan dan pertemuan dengan Paus Fransiskus adalah bagian integral dari diplomasi Pancasila.

Menurut Aris, kunjungan Megawati, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP, menunjukkan komitmen Indonesia dalam mempromosikan dan mendorong aktualisasi nilai-nilai Pancasila untuk mencapai keharmonisan melalui dialog lintas iman dan antarbudaya.

"Sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP, kunjungan (Megawati) dapat dimaknai sebagai upaya diplomasi Pancasila, memperkenalkan, dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila yang mengandung dimensi universal di forum internasional," kata Aris di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Diplomasi Pancasila telah menjadi komitmen lama Indonesia, dengan pemerintah memimpin dialog lintas iman dan antarbudaya di semua tingkatan sebagai bagian utama dari kebijakan luar negeri.

"Sejak awal tahun 2000-an, saat Ibu Megawati menjabat sebagai Presiden ke-5 RI pada tahun 2001–2004, diplomasi untuk mengelola keragaman dan mempromosikan toleransi telah menjadi fokus pemerintah Indonesia," jelasnya.

Aris memberikan contoh saat peristiwa 11 September 2001 di Amerika Serikat, di mana Indonesia, sebagai negara dengan sikap moderat, dianggap positif di tengah pandangan negatif Barat terhadap negara-negara Muslim.

Pandangan positif ini menjadi dasar bagi Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Agama untuk melanjutkan dialog lintas iman dan antarbudaya sejak tahun 2004.

"Indonesia mempromosikan agenda ini secara internasional melalui kerja sama bilateral, regional, dan global. Upaya diplomasi Indonesia ini terus berlanjut setiap tahunnya," kata Aris.

Kunjungan Megawati ke Vatikan

Megawati, dalam kunjungan ke Vatikan, menghadiri audiensi dengan Kepala Negara Vatikan dan Paus Fransiskus di Istana Kepausan, Roma, Italia, pada Senin pagi (18/12/2023), waktu setempat.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari partisipasinya sebagai anggota dewan juri Zayed Award for Human Fraternity 2024, yang juga dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly.

Zayed Award for Human Fraternity adalah penghargaan yang dimulai sejak 2019, setelah Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar, Ahmad Al-Tayeb, menandatangani dokumen persaudaraan kemanusiaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES