Peristiwa Nasional

BMKG Prakirakan Hujan Lebat Terjadi di Sejumlah Provinsi Hari Ini

Jumat, 05 Januari 2024 - 09:30 | 15.38k
Ilustrasi hujan lebat. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi hujan lebat. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejumlah provinsi di Indonesia dihadapkan pada potensi hujan lebat dan angin kencang pada Jumat ini (4/1/2024), Demikian peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut situs BMKG, potensi hujan lebat diprakirakan terjadi di berbagai provinsi, termasuk Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, dan sejumlah wilayah lainnya. Daftar lengkap provinsi yang berpotensi terkena dampak mencakup Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Provinsi-provinsi yang juga memiliki potensi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 km per jam melibatkan Sumatera Selatan, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, menjelaskan bahwa fenomena Monsun Asia Musim Dingin, bersama dengan aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO), dapat menjadi pemicu cuaca ekstrem di beberapa wilayah.

"Monsun Asia itu mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens," terangnya.

Dia menyampaikan, adanya gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat turut memperkuat potensi cuaca buruk, yang diperkirakan akan bertahan selama lima hari ke depan.

Guswanto menambahkan faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

BMKG mengimbau agar masyarakat dan instansi terkait tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan sedang hingga lebat, kilat atau petir, dan angin kencang dalam kurun waktu sepekan ke depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES