Peristiwa Nasional

Gelar Dev-X, Kemenag RI Fasilitasi Anak Muda Lebih Dekat dengan Religi

Jumat, 05 Januari 2024 - 13:30 | 18.29k
Menag RI Yaqut Cholil Qoumas saat membuka Devotion Experience (Dev-X), sebuah kegiatan yang dihelat di Hall B Jakarta Convention Center (JCC). (FOTO: Kemenag for TIMES Indonesia)
Menag RI Yaqut Cholil Qoumas saat membuka Devotion Experience (Dev-X), sebuah kegiatan yang dihelat di Hall B Jakarta Convention Center (JCC). (FOTO: Kemenag for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama RI (Kemenag RI) mengambil inisiatif untuk mendekatkan anak muda dengan nilai-nilai keagamaan melalui Devotion Experience (Dev-X), sebuah kegiatan yang dihelat di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) mulai 5-7 Januari 2024. 

Dalam upaya memfasilitasi pemahaman dan keterlibatan anak muda dalam dunia religi, acara ini dirancang dengan nuansa pop culture dan sentuhan teknologi digital.

Menag RI Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan alasan di balik fokus Kemenag pada anak muda. "Anak-anak muda saat ini akan menjadi pemimpin Indonesia di masa depan, menuju Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, kita ingin memfasilitasi mereka untuk lebih dekat dengan nilai-nilai religius," ujarnya, Jumat (5/1/2023). 

Penghargaan terhadap nilai agama di tengah budaya pop menjadi pendekatan Kemenag untuk membuat kehidupan beragama lebih relevan bagi anak muda. 

Menag Yaqut menekankan bahwa kehidupan beragama tidak hanya tentang ritual ibadah, dan Dev-X memberikan kesempatan bagi peserta untuk merasakan pengalaman keagamaan secara langsung.

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam Dev-X meliputi nikah massal, talkshow mengenai zakat, wakaf, haji, serta sertifikasi halal. Selain itu, ada juga demonstrasi dan diskusi tentang kitab suci dengan huruf Braille atau bahasa isyarat. 

Pengunjung dapat mencoba wisata religi dengan menggunakan virtual reality (VR) dan menyaksikan peluncuran huruf Pegon digital. Jika memiliki pertanyaan keagamaan, peserta dapat mencari solusinya dalam acara ini.

Gus Men, sapaan akrab Menag Yaqut, menambahkan, Dev-X menjadi tempat di mana anak muda bisa belajar membaca Sloka, menulis Jawa kuno, dan menjelajah Candi Borobudur melalui VR 360. 

"Selain itu, ada pameran produk halal, pertunjukan musik, dan berbagai aktivitas menarik lainnya," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Dev-X, Ahmad Zainul Hamdi, menekankan bahwa acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Calon pengunjung dapat mendaftar melalui aplikasi PUSAKA Superapps yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Acara ini akan menampilkan berbagai pengisi acara ternama, termasuk Salma Salsabila, Habib Ja'far, Bhante Dhiropunno Onad, Rhoma Irama, Andien, Daniel Mananta, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, Dev-X menjadi upaya nyata Kemenag RI untuk memberikan ruang bagi anak muda dalam mendalami dan merasakan keindahan nilai-nilai keagamaan dalam konteks kekinian dan teknologi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES