Peristiwa Nasional Info Pemilu 2024

Malam Ini, KPU Gelar Debat Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan

Minggu, 07 Januari 2024 - 14:04 | 16.47k
Ketua KPU Hasyim Asy'ari beserta jajaran saat konferensi pers di KPU, Jakarta. (FOTO: Farid Abdullah/ TIMES Indonesia).
Ketua KPU Hasyim Asy'ari beserta jajaran saat konferensi pers di KPU, Jakarta. (FOTO: Farid Abdullah/ TIMES Indonesia).
FOKUS

Info Pemilu 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – KPU akan menggelar Debat Ketiga Pilpres 2024, dengan melibatkan tiga calon presiden (capres),  yang akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024) malam jam 19.00 WIB.

Diketahui, Pertarungan Gagasan kedua kalinya untuk capres dalam debat kali ini membahas tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Anisha Dasuki dan Aryo Ardi ditunjuk sebagai moderator dalam debat capres. Sedangkan tim penyusun pertanyaan terdiri dari 11 panelis untuk mengajukan pertanyaan kepada ketiga capres peserta Pilpres 2024.

August Mellaz, Anggota KPU RI menjelaskan jika tata letak panggung debat hampir tidak berubah meskipun lokasi debat dipindahkan dari Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) ke Istora Senayan.

"Perubahan itu akan terjadi karena lokasi saja. Lokasinya akan berbeda, tetapi sedapat mungkin tata letak dan sebagainya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan debat kedua di JCC," ucapnya kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (3/1/2024). 

Selain itu, mengenai tema debat, Ia mengungkapkan bahwa ada pengembangan dari empat tema menjadi enam tema karena beberapa tema sebelumnya mengalami perluasan.

Enam tema tersebut, mencakup bidang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

"Kemarin 'kan posisinya 4 tema, nah, pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri, kemudian hubungan internasional kami expand dengan globalisasi, lalu geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri," jelasnya.

Selain itu, KPU memutuskan untuk tidak mengubah format debat yang telah digunakan sebelumnya. Sehingga, Ganjar Pranowo sebagai capres nomor urut 3, akan membuka segmen pertama debat dengan menyampaikan visi, misi, dan program kerja serta akan dilanjutkan dengan capres nomor urut 1 dan 2. Segmen selanjutnya, yaitu kedua, ketiga, keempat, dan kelima, akan fokus pada pendalaman visi, misi, dan program kerja.

Selanjutnya, Moderator akan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada satu peserta debat, dan peserta lainnya akan memberikan tanggapan secara bersahabat.

Pada segmen penutup, setiap peserta debat akan menyampaikan pernyataan penutup sebagai rangkuman akhir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES