Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Bagian dari JORR-2

Senin, 08 Januari 2024 - 16:33 | 19.65k
Presiden RI Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (8/1/2024).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Presiden RI Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (8/1/2024).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi  didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto dan Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (8/1/2024).

"Alhamdulillah pagi ini kita resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dengan total panjang 14,8 kilometer dan total investasi yang dikeluarkan adalah Rp4 triliun," kata Presiden RI Jokowi di Gerbang Tol Limo Utama di Depok, Jawa Barat.

Presiden RI Jokowi mengatakan bahwa jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek yang sebelumnya sudah ada, mencakup ruas tol lingkar dalam (46 km), Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 (65 km), dan JORR 2 (111 km).

Dikatakan Presiden RI Jokowi bahwa pengoperasian jalan tol ini akan memberikan lebih banyak pilihan masyarakat untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dan pusat-pusat layanan perkotaan lain, tanpa harus masuk ke jalan tol dalam kota dan JORR-1. Selain itu, pengoperasian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor juga diharapkan dapat memperlancar mobilitas masyarakat, barang dan logistik serta dapat mengurangi kemacetan di dalam kota Jakarta.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol yang baru diresmikan tersebut merupakan bagian dari jaringan tol JORR 2 sepanjang 111 km yang melingkar dari Cengkareng Bandara Soekarno Hatta, Kunciran, Serpong, Cinere, Cimanggis, Cibitung, Cilincing hingga Pelabuhan Tanjung Priok. 

"Ditargetkan seluruh ruas JORR 2 rampung pada triwulan pertama 2024. Hari ini yang diresmikan adalah ruas Cinere-Raya Bogor (11,2 km) dan Serpong Cinere seksi 2 Pamulang-Cinere (3,6 km)," kata Menteri Basuki. 

Dikatakan Menteri Basuki, saat ini ruas JORR 2 yang masih dalam tahap penyelesaian adalah Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B Cikeas-Cibitung (19,65 km). "Ruas ini akan rampung sekitar Maret 2024," kata Menteri Basuki.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR RI Miftachul Munir mengatakan, dengan dioperasikannya Seksi 2 ini, maka Jalan Tol Serpong-Cinere dengan BUJT PT. Cinere-Serpong Jaya akan beroperasi penuh, melengkapi Seksi 1 Serpong-Pamulang yang telah terlebih dulu beroperasi pada 2021 lalu.

"Tentunya akan semakin mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta. Terutama, ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang saat ini juga telah rampung," kata Munir.

Ismail Sofyan, salah seorang warga Depok yang berprofesi sebagai guru menyatakan bahwa dengan kehadiran jalan tol ini dapat mempercepat warga Depok dan sekitarnya untuk ke bandara dan juga ke Bogor. "Lebih cepat ke bandara dan lebih efisien jadinya," ujarnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki saat acara peresmian oleh Presiden RI Jokowi itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian dan Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra Saleh Atmawidjaja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES