Peristiwa Nasional

Menteri PUPR RI Dampingi Presiden RI Jokowi Resmikan Empat Ruas Jalan Daerah di Magelang

Senin, 22 Januari 2024 - 15:45 | 21.79k
Presiden RI Jokowi saat meninjau ruas jalan Muntilan-Keningar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Senin (22/1/2024).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Presiden RI Jokowi saat meninjau ruas jalan Muntilan-Keningar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Senin (22/1/2024).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, MAGELANGPresiden RI Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Magelang Zaenal Arifin meresmikan empat ruas jalan daerah di Kabupaten Magelang sepanjang 18,2 km dengan anggaran Rp31,9 miliar.

Keempat ruas jalan tersebut ditangani perbaikan kondisi nya oleh Kementerian PUPR RI sesuai Instruksi Presiden (Inpres) No. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. 

Presiden RI Jokowi mengatakan, ruas jalan Muntilan-Keningar sepanjang 11,9 km merupakan ruas jalan yang penting sebagai akses evakuasi warga di sekitar Gunung Merapi ketika terjadi erupsi. 

Jokowi-2.jpg

"Saat ini sudah selesai pembangunannya, kita harapkan dengan dibangunnya jalan ini dengan perkerasan beton akan memberikan ketahanan yang lebih lama, karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir besar," kata Presiden RI Jokowi di ruas jalan Muntilan-Keningar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Senin (22/1/2024).

"Tahun 2023 anggaran Inpres Jalan Daerah (IJD) sebesar  Rp14,6 triliun. Kemudjan untuk perbaikan 40 ruas jalan di Jateng menelan anggarah Rp1,36 triliun. Kita harapkan ruas-ruas jalan di Jawa Tengah lebih mulus," kata Presiden RI Jokowi.

Menteri PUPR RI mengatakan perbaikan kondisi jalan daerah di Provinsi Jawa Tengah terbagi dalam tiga bagian yaitu Jawa Tengah bagian Timur, Tengah, dan Barat.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng - Yogyakarta, Rien Marlia mengatakan, ruas Muntilan-Keningar merupakan bagian dari penanganan 40 ruas jalan IJD di Jawa Tengah dengan total panjang 289,8 km dan biaya penanganan sebesar Rp1,36 triliun.

Khusus di Kabupaten Magelang, total terdapat empat ruas yang ditangani melalui IJD sepanjang 18,2 km dengan biaya Rp31,9 miliar.

Empat ruas jalan tersebut adalah Jalan Inpres Desa Sukomakmur, Kabupaten Magelang dengan biaya penanganan Rp5,7 miliar dan panjang 4,4 km, Jalan Muntilan – Keningar dengan biaya Rp16miliar sepanjang 11,9km, Jalan Akses Evakuasi Merapi Desa Kradenan, Kabupaten Magelang dengan biaya penanganan Rp4 miliar sepanjang 2 km, dan Jalan Petung – Pakis, Kabupaten Magelang dengan biaya penanganan Rp5,3 miliar sepanjang 4,4 km.

Puji Lestari, Kepala Sekolah SDN Dukun 01 Magelang menyampaikan ucapan terima kasih dengan perbaikan jalan di desanya yakni ruas Muntilan-Keningar.

"Sebelum diperbaiki kondisi jalan ini rusak parah dan sulit dilalui kendaraan, sehingga sulit aktivitas warga, termasuk untuk anak-anak dan para guru ke sekolah, apalagi ketika hujan," tuturnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki,saat peresmian oleh Presiden RI Jokowi itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DI Yogyakarta Rien Marlia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES