Peristiwa Nasional

Alumni Connect PPI Dunia: Serap Aspirasi Diaspora Indonesia dalam Politik

Sabtu, 03 Februari 2024 - 18:49 | 16.60k
Dialog Alumni Connect PPI Dunia  untu serap aspirasi diaspora Indonesia. (Foto: PPI Dunia)
Dialog Alumni Connect PPI Dunia untu serap aspirasi diaspora Indonesia. (Foto: PPI Dunia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAlumni Connect PPI Dunia menggelar acara "Serap Aspirasi Diaspora Indonesia," melibatkan para alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia di berbagai belahan dunia. Acara ini menjadi momentum unik untuk meresapi pemikiran dan harapan diaspora terkait peran mereka dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Dengan format hybrid, acara diikuti oleh 189 diaspora dari berbagai negara secara daring dan 60 peserta oflline. Mereka yang hadir secara langsung berkumpul di Rumah Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (2/2/2023). Suasana kolaboratif antara peserta daring dan peserta langsung menciptakan ruang dialog yang dinamis.

Sebagai salah satu sorotan utama, perwakilan dari Tim Nasional Pemenangan Anies - Imin, TKN Prabowo-Gibran, dan Tim Pemenangan Nasional Ganjar - Mahfud turut memberikan perspektif mereka mengenai hubungan antara calon presiden dan diaspora, terutama dalam konteks pendidikan dan pengalaman luar negeri.

Ketiga perwakilan dari paslon menjelaskan bahwa keseluruh calon memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan para diaspora di luar negeri.  Hal ini memudahkan mereka untuk memfasillitasi kebutuhan para diaspora di luar negeri.

Diketahui, Anis Baswedan menempuh S2 dan S3 di Amerika Serikat. Prabowo pernah belajar di London dan juga Amerika Serikat dan Gibran menyelesaikan studi di Singapura dan Australia. Sementara itu meskipun Ganjar dan Mahfud MD tidak belajar di luar negerimereka memiliki anggota keluarga yang pernah belajar di luar negeri.

Acara ini menjadi ajang interaktif bagi diaspora Indonesia untuk mengajukan pertanyaan dan menyampaikan aspirasi mereka. Sebagai puncak acara, dilakukan peluncuran buku berjudul "Inspirasi Global: Sumbangsih Pemikiran Alumni Luar Negeri untuk Indonesia 2024-2029".

Buku ini menghimpun rekomendasi kebijakan dari para alumni yang tersebar di seluruh dunia, memberikan kontribusi berharga untuk arah pembangunan Indonesia di masa mendatang.

Hafizd Alharomain Lubis, Ketua Panitia, menyampaikan, "Kami sangat berterima kasih atas antusiasme peserta yang terlibat, baik secara daring maupun luring. Penghargaan juga kami sampaikan kepada perwakilan dari tim pemenangan masing-masing calon presiden yang telah berbagi wawasan dan pandangan mereka mengenai isu ini."

Alumni Connect PPI Dunia, dengan semangat kolaborasi dan aspirasi, berkomitmen untuk terus menjadi wadah bagi diaspora Indonesia dalam memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara. Dialog yang terjalin di acara ini menjadi langkah konkret menuju pemahaman yang lebih baik tentang peran penting diaspora dalam membentuk masa depan Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES