Peristiwa Nasional

Ganjar Pranowo Punya Tiga Langkah Strategis untuk Memperkuat Kedaulatan Teknologi Informasi

Minggu, 04 Februari 2024 - 23:07 | 17.51k
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat di JCC, Senayan, Jakarta (4/2/2024).   (FOTO: Youtube KPU)
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat di JCC, Senayan, Jakarta (4/2/2024). (FOTO: Youtube KPU)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan jika ia bersama cawapres Mahfud Md telah merancang tiga langkah strategis guna memperkuat kedaulatan dalam sektor manufaktur telekomunikasi dan teknologi informasi (TI) di Indonesia.

Dalam debat Pilpres 2024 terakhir yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta (4/2/2024), Ganjar memaparkan langkah pertama yang diusulkan adalah mendorong sektor swasta untuk mengintegrasikan perangkat gawai ke dalam sistem E-Katalog.

"Kita punya industri swasta untuk gadget. Pabriknya ada di Semarang, harganya terjangkau, lebih murah. Kalau itu bisa masuk E-Katalog kita, sebenarnya kita bisa membantu dia," ucapnya.

Langkah kedua, menurutnya, melibatkan penugasan khusus PT LEN Industri (Persero) untuk mencapai kedaulatan dalam manufaktur telekomunikasi dan teknologi informasi (TI) di Indonesia.

"Atau yang kedua, kita bisa menugaskan kepada PT LEN. Kalau enggak salah dulu pernah akan dibuat ini, satu komputer satu laptop harga maksimum Rp 1 juta. Sayang kalau ini tidak kita pastikan tanpa penugasan dari pemerintah, maka tidak pernah selesai," ujarnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa langkah terakhir adalah berkolaborasi dengan industri telekomunikasi dan teknologi informasi (TI) internasional untuk memfasilitasi transfer teknologi.

"Kalau tidak, pilihannya adalah bergandengan tangan dengan industri yang ada di luar dengan brand-brand internasional, tetapi, pabriknya di Indonesia," jelas Ganjar Pranowo.

"Politik ini kalau kita mau komparasikan, di India pernah melakukan, sehingga transformasi pengetahuannya, teknologinya, semua akan bisa dilakukan, dan kita akan mendapatkan nilai tambah," sambungnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES