Peristiwa Nasional

SBY dan Keluarga Nyoblos di Kabupaten Pacitan, Begini Persiapan di TPS

Selasa, 13 Februari 2024 - 14:05 | 40.38k
Ketua KPPS 16, Ngampel, Ploso, Pacitan, Fajar Setyo Asmoro saat membenarkan SBY dan keluarga bakal mencoblos di TPS 16. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Ketua KPPS 16, Ngampel, Ploso, Pacitan, Fajar Setyo Asmoro saat membenarkan SBY dan keluarga bakal mencoblos di TPS 16. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga akan menggunakan hak pilihnya di TPS 16 Lingkungan Ngampel, Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan, Rabu (14/2/2024) besok.

"Bapak SBY dan keluarga terdaftar di TPS 16. Ada tiga anggota keluarga SBY yang terdaftar di sana, yaitu Pak SBY, dan Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istrinya, Siti Rubi Aliya Rajasa," kata Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi (DPDI) KPU Pacitan Eko Setiawan, Rabu (7/2/2024).

Selain SBY dan keluarga, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji beserta istri juga terdaftar di TPS yang sama. 

Sebelumnya, SBY menggunakan hak pilihnya di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura saat Pilpres 2019. Saat itu, dia menemani mendiang Ani Yudhoyono berobat di National University Hospital Singapura.

Sementara itu, Ketua KPPS 16 Fajar Setyo Asmoro (53) mengatakan, segala persiapan sudah dilakukan bersama berbagai pihak. Ia bertekad bekerja sesuai prosedur.

"Ada 270 DPT di TPS 16 RT 05 RW 07, Lingkungan Ngampel, Kelurahan Ploso," kata Fajar kepada TIMES Indonesia, Selasa (13/2/2024).

TPS-Pemilu.jpg

Ia membenarkan jika SBY dan keluarga akan mencoblos di TPS 16 besok pagi. "Ya, Pak SBY dan keluarga nyoblos di sini, besok. Sebagai tuan rumah, kami persiapkan tidak seperti biasanya," ujarnya. 

Fajar menjelaskan, setelah mencoblos, warga bisa langsung menuju ke restorasi yang menyediakan menu bakso spesial. "Bakso itu besok untuk menarik minat warga yang terdaftar sebagai pemilih datang ke TPS," tambahnya. 

Selain itu, KPPS 16 juga telah berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk menjaga kelancaran dan keamanan proses pemungutan suara. "Kami ingin memastikan semua pemilih merasa aman dan nyaman saat menggunakan hak pilihnya," kata Fajar.

Di lokasi TPS 16, panitia menyediakan banyak tempat duduk, tapi kali ini lebih bagus. 

"Pak SBY maunya warga duluan yang nyoblos. Besok pencoblosan dimulai pukul 07.30 WIB. Petugas KPPS di TPS 16 besok pakai batik lurik khas Pacitan," jelas Fajar. 

Pun demikian, antusiasme warga untuk melihat SBY dan keluarga di TPS 16 cukup tinggi. Fajar mengatakan, banyak warga yang ingin menyaksikan langsung proses pencoblosan yang dilakukan oleh SBY dan keluarga.

"Kami berharap warga tetap tertib dan mengikuti aturan yang berlaku. Mari kita bersama-sama sukseskan Pemilu 2024," pintanya. 

"Warga siapkan polo pendem. Pak SBY tidak mau dibeda-bedakan, mau disamakan dengan warga RT 05," pungkas Ketua KPPS 16, Ngampel, Ploso, Pacitan, Fajar Setyo Asmoro. 

Cak Imin di Kemang, Prabowo di Hambalang

Sementara itu, Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, akan mencoblos di Kemang, Jakarta Selatan. "Di Kemang," kata Cak Imin kepada wartawan di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jaksel, Selasa (23/1/2024).

Cak Imin menjelaskan alasan memilih nyoblos di Kemang karena KTP miliknya beralamat di sana. "KTP saya di situ, saya kan sama mertua di situ," sebutnya.

Sedangkan pasangan Cak Imin, Anies Baswedan, akan nyoblos di Lebak Bulus, Jaksel.

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, berencana mencoblos di TPS di daerah kediamannya di Hambalang, Jawa Barat, pada 14 Februari mendatang. "Insyaallah di Hambalang," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Media Center TKN, Jalan Sriwijaya No 6, Jakarta Selatan, Kamis (25/1/2024).

Pasangan Prabowo, Gibran Rakabuming Raka, akan mencoblos di TPS 34 Manahan, Banjarsari, Solo. "Pak Gibran Rakabuming Raka dan keluarga di TPS 34 Manahan," kata Ketua KPU Solo, Bambang Christanto, Jumat (2/2/2024).

Ganjar di Semarang, Mahfud di Yogyakarta

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengaku akan nyoblos di Semarang, Jawa Tengah. "Sepertinya di Jawa Tengah saya, di Semarang karena KTP saya masih Semarang," kata Ganjar di Gedung Gedung Korpri, Mangungsari, Sidomukti, Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Cawapres Ganjar, Mahfud Md, akan menggunakan hak pilihnya di Yogyakarta. "Saya nyoblos di Sambilegi Yogyakarta," kata Mahfud di Pamekasan, Madura, Kamis (11/1/2024).

Mahfud menuturkan bahwa dia berstatus sebagai warga Yogyakarta. Diketahui, Mahfud juga nyoblos di Yogyakarta juga saat Pemilu 2019.

Pemilu 2024 menjadi momen penting bagi rakyat Indonesia untuk menentukan pemimpin bangsa lima tahun ke depan. Partisipasi masyarakat dalam pemilu sangatlah penting untuk mewujudkan demokrasi yang berkualitas. 

Pada Pemilu 2019, SBY menggunakan hak pilihnya di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Saat itu, dia menemani mendiang Ani Yudhoyono berobat di National University Hospital Singapura.

Sedangkan pada Pemilu 2014, SBY dan keluarga menggunakan hak pilihnya di TPS 22, Kelurahan Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Diketahui TPS 16 yang digunakan SBY dan keluarga melakukan pencoblosan lokasinya ada di TK Taman Indria, Lingkungan Ngampel RT 005/RW 007, Ploso, Kabupaten Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES