Peristiwa Nasional

Stok Beras Aman Jelang Ramadan 2024

Rabu, 28 Februari 2024 - 16:00 | 18.11k
ilustrasi stok beras.
ilustrasi stok beras.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan bahwa stok beras aman hingga memasuki bulan Ramadhan tahun ini karena akan terjadi panen raya pada bulan Maret 2024.

Menurut Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo, "Pada Maret 2024 akan panen raya yang jumlahnya diperkirakan mencapai 3,5 juta ton beras," saat mengecek stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu.

Penambahan stok beras ini berasal dari hasil panen raya di berbagai daerah dan diprediksi akan dimulai minggu ini.

Arief menjelaskan bahwa kenaikan harga beras saat ini dipengaruhi oleh kenaikan harga gabah. "Harga gabah Rp8.000/kg, maka jangan pangling, jangan heran kalau harga berasnya Rp16.000/kg."

Namun, ia meyakini bahwa setelah panen, harga gabah dan beras akan turun. "Harga gabah akan berangsur turun dari yang sebelumnya Rp8.600/kg-Rp8.700/kg menjadi Rp8.000/kg, akan turun lagi kemungkinan Rp6.500/kg."

Pemerintah memiliki tugas menjaga harga di pasar untuk kepentingan masyarakat, namun juga harus memastikan bahwa harga di tingkat produsen tetap terjaga.

"Ini perlu saya jelaskan karena beberapa hari ini harga gabah itu pasti akan turun seiring berjalannya panen dan panen yang agak besar. Dan angkanya pemerintah melalui Bulog akan dijaga," jelasnya.

"Sehingga antara hulu dan hilirnya seimbang. Jelang nanti mulai puasa hingga Lebaran, kami akan pastikan beras itu aman," tambah Arief.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES