Peristiwa Nasional

Jokowi: Progres Kantor Presiden di IKN Sudah 74 Persen

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:05 | 29.32k
Penampakan Kantor Presiden di IKN. (FOTO: Setkab)
Penampakan Kantor Presiden di IKN. (FOTO: Setkab)

TIMESINDONESIA, KALIMANTAN TIMURPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) melakukan cek progres pembangunan Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024).

"Alhamdulillah (progresnya) sudah mencapai 74 persen," kata Presiden Jokowi. Kepala Negara menjelaskan, Kantor Presiden baru ini akan menjadi simbol IKN. Terutama dengan adanya karakter Burung Garuda. 

"Struktur bangunan utama telah selesai. Kemudian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mamasang baja serta bilah sayap Garuda yang menjadi bagian penting dari kontruksi," jelas suami Iriana itu.

Ia menambah, Kantor Presiden di IKN ini juga difokuskan ramah lingkungan dan sejalan dengan tujuan smart city. Bersama itu ditargetkan selesai akhir Maret ini. "Untuk juga dapat digunakan dalam momentum Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, pada 17 Agustus 2024," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti menyampaikan, pembangunan struktur bangunan utama sudah selesai. Kini, pihaknya berfokus pada pemasangan baja serta bilah saya Gadura yang menjadi bagian penting.

"Saat ini bilah-bilah ini sudah terpasang 1.282 dari 4.650, jadi kira-kira sepertiganya. Dan kami harapkan nantinya untuk saya burung Garuda ini bisa selesai di akhir Maret ini," katanya.

Ia juga menekankan, pembangunan Kantor Presiden di IKN ini ramah lingkungan dan cerdas. Di samping pembangunan interiornya. Ia berharap, Kantor Presiden ini bisa selesai dan berfungsi pada Juni dan bisa digunakan dalam Peringatan Kemerdekaan ke-79, seperti keinginan Presiden Jokowi.

"Saya masih optimis untuk (Kantor Presiden di IKN) bisa selesai, fungsional, tapi nanti masih ada sedikit-sedikit tambahan. Mungkin untuk lanskapnya," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES