Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Akan Bahas Isu Palestina di KTT Khusus ASEAN-Australia

Senin, 04 Maret 2024 - 15:54 | 24.30k
Presiden Jokowi memberikan keterangan persnya sebelum terbang ke Melbourne menghadiri KTT Khusus ASEAN-Australia. (FOTO: dok. Setkab)
Presiden Jokowi memberikan keterangan persnya sebelum terbang ke Melbourne menghadiri KTT Khusus ASEAN-Australia. (FOTO: dok. Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, berangkat ke Melbourne, Australia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia pada Senin (4/3/2024). Dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Presiden RI Jokowi menuju KTT tersebut dengan tujuan memperkuat kerja sama di berbagai bidang.

Dalam KTT Khusus ASEAN-Australia yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dan pemimpin negara lainnya, akan diadakan Peringatan 50 Tahun Kemitraan ASEAN dan Australia, serta membahas tentang kemitraan strategis antara kedua entitas.

“Tema yang diangkat adalah ‘Partnership for the Future’ untuk membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Australia dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan makmur,” ungkap Presiden Jokowi dalam keterangan pers sebelum keberangkatan ke Melbourne.

Presiden Jokowi menyatakan, dalam pertemuan tersebut Indonesia akan mendorong penguatan kerja sama di berbagai bidang, termasuk integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital.

“Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mendorong kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital, serta kemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten, termasuk dalam isu Palestina,” katanya.

Selain menghadiri KTT ASEAN-Australia, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara, termasuk Perdana Menteri Australia, Selandia Baru, dan Kamboja.

“Saya dan rombongan insyaallah akan tiba kembali di Jakarta pada tanggal 6 Maret hari Rabu,” tandas Presiden Jokowi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES