Peristiwa Nasional

Cuaca Ekstrem di DKI Jakarta Diprediksi Hingga 14 Maret 2024

Jumat, 08 Maret 2024 - 14:18 | 21.74k
Potret cuaca mendung, Jakarta, Jumat (8/3/2024). (foto: ANTARA/HO-BPBD DKI)
Potret cuaca mendung, Jakarta, Jumat (8/3/2024). (foto: ANTARA/HO-BPBD DKI)

TIMESINDONESIA, JAKARTACuaca ekstrem di wilayah DKI Jakarta diprediksi berlangsung pada 8 sampai 14 Maret 2024. Cuaca ekstrem ini dipicu oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif di wilayah Indonesia.

"Hasil analisis terkini BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/angin kencang pada periode tersebut di wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, Jumat (8/3/2024).

“Potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya sampai Selatan Jawa dan Australia bagian Utara dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan angin di Indonesia bagian Selatan,” ujarnya.

Adji mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai dan bersiaga mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem, termasuk banjir akibat curah hujan yang tinggi.

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112,” ujarnya.

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan terkait dengan kenaikan status Pos Pantau Pintu Air Pasar Ikan menjadi waspada atau siaga 3 pada Kamis dini hari.

BPBD DKI Jakarta, dalam laman resminya itu, juga sempat memperingatkan warga sekitar bantaran sungai untuk bersiaga, karena meningkatnya status Pos Pantau Sunter Hulu ke siaga

pada Rabu (6/3) sekitar pukul 21.00 WIB.

DKI Jakarta termasuk sebagai daerah yang berpotensi masih mengalami dampak intensitas hujan ekstrem seperti banjir selama sepekan ke depan, atau mulai dari tanggal 1- 8 Maret 2024, menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES