Peristiwa Nasional

BMKG: 12 Daerah Berstatus Siaga Cuaca Ekstrem

Jumat, 15 Maret 2024 - 10:01 | 23.83k
Awan mendung di kawasan Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta. BMKG memprakirakan potensi cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir selama sepekan. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU/pri.)
Awan mendung di kawasan Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta. BMKG memprakirakan potensi cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir selama sepekan. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU/pri.)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagian besar wilayah Indonesia memiliki potensi untuk mengalami cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Terkait ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menetapkan status siaga dan waspada untuk 12 daerah di Indonesia.

Menurut BMKG, daerah-daerah yang berstatus siaga termasuk Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah. Sementara itu, daerah-daerah yang berstatus waspada meliputi Lampung, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua.

Peringatan dini juga telah dikeluarkan untuk potensi hujan lebat di beberapa wilayah seperti Denpasar Bali, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung Jawa Barat, Semarang, dan Ambon Maluku. Selain itu, BMKG memprediksi kemungkinan hujan disertai petir di Bandar Lampung, Bengkulu, pada pagi-siang hari.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Jumat (15/3/2024) mengungkapkan potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat berujung kebencanaan meningkat di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan dipicu akibat adanya intervensi tiga Bibit Siklon Tropis sekaligus.

Menurutnya, tiga bibit siklon tropis; Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

BMKG juga mengingatkan akan risiko bahaya gelombang tinggi dan banjir pesisir di sebagian besar wilayah pesisir Indonesia, yang dapat berlangsung hingga tanggal 16 Maret 2024. Hal ini disampaikan melalui laporan peringatan dini yang dipublikasikan di media sosial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES