Peristiwa Nasional

BMKG: Bibit Siklon Tropis Berdampak Hujan dan Angin Kencang

Minggu, 17 Maret 2024 - 10:23 | 20.13k
foto arsip - Ombak tinggi  di Labuan, Pandeglang, Banten. BMKG memprediksi potensi cuaca ekstrem seperri angin kecang yang menyebabkan ombak tinggi, (foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas).
foto arsip - Ombak tinggi di Labuan, Pandeglang, Banten. BMKG memprediksi potensi cuaca ekstrem seperri angin kecang yang menyebabkan ombak tinggi, (foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) keberadaan keberadaan dua bibit siklon tropis yang berlokasi di sebelah tenggara Samudera Hindia dan Teluk Carpentaria bakal menyebabkan hujan dan potensi angin kencang.

BMKG memina masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang di atas 50 kilometer per jam di beberapa wilayah,

Menurut Prakirawan BMKG, Nurul Tazaroh, kedua sistem tersebut mempengaruhi peningkatan kecepatan angin lebih dari 50 kilometer per jam, yang mampu meningkatkan tinggi gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis tersebut.

Berdasarkan prediksi BMKG, cuaca di Pulau Sumatra diperkirakan didominasi oleh hujan. Di Bengkulu dan Bandar Lampung, diperkirakan turun hujan ringan. Sementara itu, hujan petir dijadwalkan terjadi di Pekanbaru, Jambi, dan Pangkal Pinang. Sedangkan Padang, Tanjung Pinang, Medan, dan Banda Aceh berpotensi diliputi awan berawan dan cerah.

Prediksi BMKG menunjukkan bahwa seluruh wilayah di Pulau Jawa diperkirakan akan turun hujan. Jakarta berpotensi diguyur hujan ringan; Serang, Semarang, dan Yogyakarta berpotensi diguyur hujan sedang; sementara Surabaya berpotensi hujan petir.

Di Kepulauan Sunda Kecil, hujan ringan diharapkan turun di Denpasar dan Kupang, sedangkan hujan sedang di Mataram. Sementara itu, cuaca di Pulau Kalimantan juga didominasi oleh hujan. Hujan ringan diprakirakan di Tanjung Selor, Samarinda, dan Palangka Raya. Di Banjarmasin, berpotensi terjadi hujan petir, sementara Pontianak dapat diliputi kabut.

Di Sulawesi, hujan ringan hingga sedang diprediksi turun di Makassar, Kendari, dan Manado, sementara Gorontalo, Palu, dan Mamuju berpotensi cuaca cerah berawan. Di wilayah timur Indonesia, umumnya diguyur hujan ringan, dengan Jayapura, Ambon, dan Ternate sebagai contoh. Sedangkan Manokwari diprediksi berawan.

BMKG juga mencatat aktivitas gelombang atmosfer kelvin di Sulawesi bagian tengah dan selatan serta di wilayah Maluku, serta gelombang rossby ekuator di wilayah Jawa bagian tengah dan timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

BMKG juga mengingatkan tentang tinggi gelombang laut di Indonesia yang umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter, dengan potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 hingga 4 meter di beberapa lokasi tertentu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES