Peristiwa Nasional

Bimtek PPIH 1445H, Dirjen PHU Kemenag RI: Persiapan Komprehensif untuk Tugas Mulia

Selasa, 19 Maret 2024 - 23:01 | 20.85k
Fasilitator Bimtek PPIH 1445H/2024M. (Foto: Imadudin Muhammad/TIMES Indonesia)
Fasilitator Bimtek PPIH 1445H/2024M. (Foto: Imadudin Muhammad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama RI (Kemenag RI) kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dengan pendekatan yang komprehensif, bertujuan untuk mempersiapkan mereka dengan baik dalam menjalankan tugas yang mulya selama 45-70 hari di tanah suci Mekkah.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Hilman Latief, menjelaskan bahwa Bimtek ini bukan sekadar memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga bertujuan untuk memahami pengorganisasian dalam ibadah haji.

"Peserta akan mengikuti 5 hari pelatihan Tusi yang diikuti dengan 4 hari Bimtek terintegrasi dengan kementerian lain," kata Hilman, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (19/3/2023).

Dari total 4.200 petugas yang mendaftar tersaring, sebanyak 890 petugas terpilih akan mengikuti Bimtek ini. Mereka berasal dari berbagai instansi, termasuk kementerian, lembaga, TNI, Polri, ormas Islam, serta perguruan tinggi dan pesantren.

Hilman menjelaskan bahwa pada akhir Bimtek, peserta akan menjalani post-test untuk menilai kesiapan mereka dalam menyelesaikan tugas dengan baik.

"Berdasarkan hasil post-test, peserta bisa diberangkatkan sebagai PPIH Arab Saudi atau PPIH Embarkasi (asrama haji)," tambahnya.

Selama pelatihan, peserta akan dibekali dengan berbagai materi terkait kepemimpinan, manajerial, konsultasi ibadah, layanan akomodasi, transportasi, serta pelayanan jemaah haji.

"Tidak hanya itu, kami juga mengundang psikolog untuk memberikan penguatan mental kepada petugas, karena hal ini penting dalam menjalankan tugas mereka dengan baik," ungkap Hilman.

Hilman juga menekankan pentingnya etika petugas haji dan menjaga identitas sebagai utusan bangsa Indonesia.

"Tidak semua hal bisa dipublikasikan, terutama yang diluar dari penugasan," jelasnya.

Bimtek juga akan menghadirkan 77 fasilitator yang akan mendampingi peserta selama pelatihan. Meskipun sebanyak 30 ribu orang mendaftar, Hilman berpesan agar peserta memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

"Dari seleksi yang panjang dan melelahkan ini, saya yakin petugas akan mendapatkan kemabruran yang sama saat mereka mengantar jemaah haji," tutup Hilman dengan semangat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES