Peristiwa Nasional

Wamenag RI Dorong Kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji Lebih Profesional

Selasa, 19 Maret 2024 - 23:44 | 20.69k
Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki,  menegaskan bahwa penyelenggaraan ibadah haji adalah salah satu program yang sangat diperhatikan, karena menyangkut kepentingan umat Islam, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

"Sebaik apapun kinerja Kemenag RI, nilai-nilai tersebut akan hilang jika penyelenggaraan ibadah haji mengalami hambatan," ungkapnya, dalam pembukaan Bimtek PPIH Arab Saudi 1445H/2024M, di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Dasuki menyoroti pentingnya kesuksesan dan kenyamanan bagi para jemaah haji, yang akan menentukan penilaian terbaik bagi Kemenag untuk tahun-tahun mendatang.

"Kami menyimpan beban besar untuk memastikan suksesnya ibadah haji dan memberikan layanan terbaik," tambahnya.

Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, Dasuki meminta agar langkah-langkah antisipasi dan persiapan dilakukan secara menyeluruh, baik di tanah air maupun di Arab Saudi.

"Seleksi calon petugas haji sudah dimulai sejak Desember, dengan 890 calon petugas yang terseleksi. Namun, seleksi ini belum selesai karena petugas harus mengikuti Bimtek yang penuh tantangan," jelas Dasuki.

Ia berharap agar petugas mampu mengikuti materi dengan baik, karena evaluasi terhadap mereka belum final.

Lebih lanjut, Dasuki menyoroti peningkatan layanan khusus bagi jemaah haji lansia, sesuai dengan kebijakan yang telah diberikan oleh Presiden Jokowi.

"Kami memiliki tanggung jawab untuk melayani lebih dari 45 ribu jemaah haji lansia, dan ini membutuhkan kekuatan hati dan kesabaran yang besar," ujarnya.

Meskipun pembukaan ibadah haji sempat molor, Dasuki meyakinkan bahwa semua proses akan dilewati dengan maksimal. Ia juga mengingatkan tentang pengalaman pahit pada tahun 2017, ketika beberapa jemaah haji tidak mendapatkan layanan yang seharusnya.

Sebagai seorang yang telah menunaikan ibadah haji pada tahun 2010, Dasuki berbagi pengalamannya dan mendoakan agar para petugas haji dapat menjalankan tugas mereka dengan baik.

"Persiapkan diri baik lahir dan batin, jaga stamina, dan melayani jemaah dengan sepenuh hati. Semoga penyelenggaraan ini mendapat apresiasi yang layak," tutup Dasuki dengan penuh harap.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES