Peristiwa Nasional

BMKG Sebut Tiga Bibit Siklon Tropis Berpotensi Sebabkan Hujan Badai di Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 08:35 | 21.30k
ilustrasi siklon tropis yang bisa menyebabkan hujan bagi di sebagian wilayah Indonesia.
ilustrasi siklon tropis yang bisa menyebabkan hujan bagi di sebagian wilayah Indonesia.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan badai pada Jumat (29/3/2024) hari ini, yang dapat disertai angin kencang, kilat, dan petir.

Menurut informasi dari situs resmi BMKG di Jakarta, daerah-daerah yang mungkin terdampak oleh hujan badai mencakup Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Hujan badai juga diperkirakan akan melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG, menjelaskan bahwa cuaca ekstrem ini dapat meningkatkan risiko bencana di banyak daerah karena pengaruh dari tiga bibit siklon tropis yang sedang aktif secara bersamaan.

Tiga bibit siklon tropis tersebut, yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P, saat ini terpantau berada di sekitar Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia, yang berpotensi menyebabkan peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia bagian selatan.

BMKG juga mengingatkan pemilik jasa angkutan darat, laut, dan udara untuk mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem selama periode arus mudik Lebaran.

"Dengan ini, kami mengimbau seluruh pemudik, penyedia layanan transportasi, dan operator transportasi untuk waspada terhadap kemungkinan cuaca ekstrem selama masa arus mudik," ujar Dwikorita Karnawati.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES