Peristiwa Nasional

Ada Fenomena Supermoon Jelang Lebaran, BMKG Peringatkan Potensi Banjir Rob

Senin, 08 April 2024 - 09:10 | 22.09k
ilustrasi Supermoon. (Foto: Times Ai Academy)
ilustrasi Supermoon. (Foto: Times Ai Academy)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengingatkan potensi banjir rob saat Supermoon mendekat, mengingatkan publik untuk waspada terhadap pasang maksimum yang dapat terjadi. Dalam paparannya saat rapat bersama Komisi V DPR RI, Dwikorita menyoroti Supermoon pada 9 April 2024, sehari jelang lebaran 2024. Fenomena Supermoon yang diperkuat dengan purnama sempurna, sehingga memperkirakan pasangannya akan mencapai maksimum.

"Pasang-surut yang sering mengakibatkan banjir rob, ini waspadai peluang pasang maksimum, karena akan terjadi Supermoon tanggal 9," ujar Dwikorita.

Menurutnya, Supermoon pada tanggal 9 April akan dikuatkan dengan adanya purnama sempurna, sehingga diprediksi pasangannya akan mencapai titik maksimum. Dia juga mengingatkan bahwa posisi bulan yang sangat dekat dengan bumi akan membuat gravitasinya menjadi sangat kuat pada saat itu.

Dwikorita juga menyebutkan beberapa perkiraan ketinggian pasang maksimum di beberapa wilayah pesisir Indonesia. Di Tanjung Priok, peluang pasang maksimum diprediksi pada 10 April dengan ketinggian mencapai 1 meter. Sementara di Banyuwangi, ketinggian maksimal diprediksi mencapai 2,56 meter, dan di Cilegon mencapai 1,04 meter serta Tanjung Perak mencapai 2,55 meter.

Selain itu, Dwikorita juga menyoroti potensi banjir rob periode Lebaran yang diprediksi terjadi pada 1-13 April di beberapa wilayah pesisir Indonesia. Hal ini dapat mengganggu aktivitas masyarakat, terutama di wilayah Banten dan Jawa Tengah.

Peringatan dari BMKG ini menjadi pengingat penting bagi masyarakat, terutama yang tinggal di daerah pesisir, untuk waspada terhadap potensi banjir rob dan ketinggian pasang yang dapat terjadi saat Supermoon mendekat. Langkah pencegahan dan persiapan yang tepat perlu dilakukan untuk mengurangi risiko dampak yang mungkin terjadi akibat fenomena alam ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES