Peristiwa Nasional

BMKG: Hujan Berpotensi Mengguyur Mayoritas Wilayah di Indonesia

Senin, 22 April 2024 - 09:03 | 15.54k
foto arsip:  Seorang pekerja menggunakan payung untuk menghindari hujan saat menyeberang jalan di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta. (foto: ANTARA/Aprillio Akbar)
foto arsip: Seorang pekerja menggunakan payung untuk menghindari hujan saat menyeberang jalan di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta. (foto: ANTARA/Aprillio Akbar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cuaca hujan berpotensi mengguyur mayoritas wilayah di Indonesia pada Senin (22/4/2024) hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, masyarakat di Bengkulu, Jambi, Jakarta, Surabaya, dan Banjarmasin untuk mewaspadai adanya potensi hujan dengan disertai petir pada siang hari ini. 

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

BMKG juga memprediksi hujan dengan intensitas di Medan dan Yogyakarta. Sementara hujan ringan diperkirakan terjadi di banyak wilayah di Indonesia, seperti Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Serang, Bandung, Palangkaraya, Kendari, Gorontalo, Manado, Mataram, Ambon, Ternate, dan Manokwari.

BMKG juga memperkirakan beberapa daerah tidak diguyur hujan, seperti Semarang, Denpasar, Mamuju, Makassar, Padang, Samarinda, Tarakan, Kupang, dan Jayapura

Dalam pernyataannya, BMKG menyatakan kondisi hujan dipengaruhi adanya Madden Julian Oscillation (MJO) yang terpantau aktif di wilayah Indonesia. "MJO aktif berkaitan dengan potensi peningkatan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk wilayah NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi NTB Cakra Mahasurya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES