Peristiwa Nasional

Membanggakan, Dr Rizal Sukma Terpilih Jadi Anggota Board of Advisers International IDEA

Kamis, 25 April 2024 - 12:15 | 29.02k
Dr Rizal Sukma (Foto: KBRI Stockholm for TIMES Indonesia)
Dr Rizal Sukma (Foto: KBRI Stockholm for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peneliti ternama Indonesia di bidang Ilmu Hubungan Internasional, Dr Rizal Sukma terpilih sebagai anggota Board of Advisers (BoA) International Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA).

Terpilih pada Sidang Dewan Negara-Negara Anggota International IDEA di Stockholm, Swedia, 24 April 2024, Dr Rizal Sukma terpilih akan menjabat sebagai anggota Dewan Penasihat International IDEA untuk periode 2024-2027. 

Selain Dr Rizal Sukma, sejumlah tokoh bidang demokrasi lainnya dari Australia, Belanda, Ghana dan Swedia juga terpilih menduduki posisi yang sama di IDEA.

Sebagai anggota BoA, Dr Rizal Sukma bertugas untuk saran dan rekomendasi kepada International IDEA mengenai arah dan kebijakan strategis organisasi internasional antarpemerintah tersebut. 

Termasuk juga memperkuat upaya membangun kemitraan dengan pemerintah, organisasi kemasyarakatan, lembaga-lembaga bidang demokrasi lainnya di seluruh dunia, penggalangan dana serta meningkatkan visibilitas dan jangkauan IDEA ke masyarakat luas.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia, Kamapradipta Isnomo menyambut baik terpilihnya Dr Rizal Sukma menjadi anggota BoA International IDEA tersebut.

"Kami menyambut baik salah satu tokoh Indonesia yang selama ini aktif mempromosikan demokrasi melalui karya akademis, gerakan sosial kemasyarakatan dan kegiatan advokasi, terpilih mewakili Indonesia menduduki jabatan anggota Dewan Penasehat di organisasi internasional yang bergerak di bidang demokrasi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dubes yang akrab dipanggil Kama ini menambahkan bahwa hal tersebut semakin mempertegas reputasi dan komitmen Indonesia untuk menegakkan demokrasi baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. 

"Meskipun beliau diajukan sebagai calon dari Indonesia, namun beliau akan berperan sebagai anggota independen dalam BoA," imbuh Kama.

International IDEA adalah organisasi antar pemerintah yang bergerak di bidang pemajuan demokrasi melalui dukungan terhadap pengembangan, penguatan, dan pemeliharaan proses dan institusi politik penunjang demokrasi di seluruh dunia. 

IDEA didirikan pada tahun 1995 dan berkantor pusat di Stockholm, Swedia. Indonesia menjadi anggota International IDEA pada tahun 2013 dan akan mendapat giliran menjadi wakil ketua International IDEA pada tahun 2025 mendatang. 

Saat ini, Dr Rizal Sukma juga menjabat sebagai peneliti senior di Center for Strategic and International Studies (CSIS). 

Selain aktif berkiprah di Muhammadiyah, Dr Rizal Sukma juga dipercaya menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris, Republik Irlandia dan International Maritime Organization (IMO) pada periode 2016-2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES