Peristiwa Nasional

Dewan Pers Ingatkan Wartawan untuk Netral di Momen Pilkada 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 14:51 | 24.02k
Ketua Dewan Pers Dr Ninik Rahayu saat memberikan sambutan saat seremonial penutupan UKW 56 di Surabaya. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Ketua Dewan Pers Dr Ninik Rahayu saat memberikan sambutan saat seremonial penutupan UKW 56 di Surabaya. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYADewan Pers mengimbau wartawan tetap menjaga netralitas dan independensi pada momen Pilkada 2024. Insan Pers diminta tidak memiliki keberpihakan politik. 

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pers Dr. Ninik Rahayu saat menutup kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 56 Provinsi Jawa Timur, di Hotel Oakwood Surabaya, Sabtu (4/5/2024). 

Menurutnya, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pers meningkat, apalagi perannya dalam memerangi informasi bohong selama Pemilu 2024 kemarin. 

Oleh karena itu kata dia, kepercayaan publik ini harus tetap dijaga dengan produk jurnalistik yang berkualitas dan berimbang pasca Pemilu kemarin. 

Mengingat saat ini sudah memasuki momen Pilkada 2024 yang potensi head to head calon kepala daerah sangat tinggi. “Jangan sampai wartawan berpihak ke salah satu calon,” imbau dia. 

Di samping itu kata dia, pers Indonesia memiliki tantangan besar dengan hadirnya informasi hoaks di berbagai platform media sosial. 

Menurutnya, wartawan harus selalu menguji akurasi informasi dan data sebelum disajikan ke publik. Sebab jangan sampai pers ikut menyebarkan informasi hoaks. 

Oleh karena itu lanjut Ninik, uji kompetensi wartawan sangat penting. Selain untuk mendalami kemapuan jurnalistik, UKW juga untuk memastikan jurnalis mendapatkan legalitas. 

Legalitas kompetensi jurnalistik sangat diperlukan. Sebab hal itu menunjukkan bahwa mereka sudah belajar dan diuji oleh guru yang profesional.

“Orang bisa belajar sendiri, tetapi belajar yang benar ya harus ada gurunya. Seperti halnya UKW, gurunya ya penguji itu. Penguji akan mengingatkan jika peserta membuat kesalahan. Kalau belajar sendiri, tidak ada yang bisa menunjukkan itu benar atau tidaknya,” terang dia. 

Sebagai nformasi, dalam pelaksanaan UKW di Jawa Timur, Dewan Pers bekerja sama dengan empat lembaga uji, yakni  PWI, PFI, IJTI dan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) Universitas Dr Soetomo. 

UKW di Jawa Timur diikuti oleh 138 peserta dari berbagai kabupaten dan kota. Baik untuk jenjang muda, madya dan utama. Kegiatan tersebut digelar 3-4 Mei 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES