Peristiwa Nasional Info Haji 2024

Tips Penting Hindari Heat Stroke untuk Jemaah Haji di Tanah Suci

Rabu, 08 Mei 2024 - 01:20 | 15.14k
Ilustrasi jemaah haji Indonesia.
Ilustrasi jemaah haji Indonesia.
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suhu di Tanah Suci pada musim haji diperkirakan akan mencapai 40 derajat Celsius. Oleh karena itu, jemaah haji Indonesia diimbau untuk dapat beradaptasi agar bisa terhindar dari heat stroke, sebuah kondisi yang berkaitan dengan suhu tubuh yang tinggi.

“Jemaah haji, khususnya lansia, sebaiknya sudah mempersiapkan kondisi dan menjaga serta meningkatkan kesehatan dirinya, terlebih sebelum melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, termasuk juga harus mengenali kondisi gejala heat stroke,” ungkap Kasi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH Daker Madinah, Dokter Leksmana.

Gejala heat stroke, jika tidak ditangani dengan cepat, dapat berdampak buruk pada kesehatan jemaah. Cuaca panas dapat menyebabkan dehidrasi, serangan panas, kelelahan, hilangnya fokus, dan kerusakan pada kulit.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa tips yang disarankan:

1. Minum Banyak Air Putih

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, tanpa harus menunggu merasa haus. Hindari minuman seperti kopi atau teh yang mengandung gula.

2. Menyemprot Wajah dengan Air Bersih

Untuk mengurangi panas di kulit, semprotkan wajah dengan air bersih.

3. Gunakan Alat Pelindung Diri

Saat melakukan aktivitas di luar hotel atau penginapan, gunakan pelindung diri seperti payung, topi berdaun lebar, kacamata hitam, pelembap kulit, tabir surya (sunscreen), dan masker medis.

Jemaah haji, terutama yang lansia, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kesehatannya sebelum berangkat. Selain itu, pastikan untuk membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan, karena tidak semua obat mungkin tersedia dalam list yang disiapkan tim kesehatan.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, diharapkan jemaah haji Indonesia dapat menjalani ibadah dengan nyaman dan aman di Tanah Suci, tanpa terganggu oleh kondisi panas yang ekstrem.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES