Peristiwa Nasional Info Haji 2024

Kemenag RI Minta Tenaga Pendukung PPIH Melayani Jemaah dengan Hati

Kamis, 09 Mei 2024 - 10:25 | 11.84k
Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah memberikan pembekalan kepada 644 tenaga pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada 8 – 10 Mei 2024. (foto: MCH 2024)
Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah memberikan pembekalan kepada 644 tenaga pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada 8 – 10 Mei 2024. (foto: MCH 2024)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JEDDAH – Kantor Urusan Haji (KUH) pada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah memberikan pembekalan kepada tenaga pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Bimbingan teknis berlangsung di KUH KJRI Jeddah, 8 – 10 Mei 2024, dengan dihadiri oleh 644 peserta.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, membuka acara tersebut dengan menyampaikan pesan penting kepada para peserta.

"Kalian yang hadir di sini adalah orang istimewa yang telah dipilih dari ribuan peserta. Saya harap kalian nantinya dapat bersinergi, kompak dalam menjalankan tugas, tidak egosentris," ujar Hilman Latief.

Hilman Latief juga menegaskan bahwa dalam tugas tenaga pendukung, tidak ada perbedaan posisi. "Ketika sudah ditetapkan sebagai tenaga pendukung, maka semua posisinya sama. Tidak ada guru besar, mahasiswa S3, mahasiswa S2, atau mukimin, semua adalah pelayan tamu Allah yang sama pentingnya," lanjutnya.

Para tenaga pendukung diingatkan untuk meluruskan niat dan mematuhi peraturan dari pemerintah Arab Saudi.

"Tugas para tenaga pendukung PPIH adalah melayani tamu-tamu Allah. Jangan disibukkan dengan ibadah sendiri. Melayani tamu Allah bagian dari ibadah," tegasnya.

Staf Teknis Haji, Nasrullah Jasam, menjelaskan bahwa peserta bimbingan teknis terdiri dari unsur mukimin dan mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Timur Tengah. Mereka akan mendapat pembekalan teknis terkait tugas operasional dalam penyelenggaraan ibadah haji. Materi tersebut meliputi tugas dan fungsi tenaga pendukung di kantor Daerah Kerja, transportasi, akomodasi, dan katering.

Konjen RI Yusron Bahauddin Ambary juga berbagi pengalaman sebagai tenaga musiman dan menekankan pentingnya meluruskan niat untuk berkhidmah dan melayani jemaah.

"Anggaplah tamu Allah orang tua kita, sehingga kita bisa melayani dengan maksimal. Kalau nanti mendapat honor dari pekerjaan ini, itu bonus. Yang lebih substantif adalah kita diberi kesempatan melayani tamu Allah," pesannya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES